English English Indonesian Indonesian
oleh

Getuk Singkong Berbahan Gula Merah dan Parutan Kelapa

FAJAR, MAKASSAR–Ada banyak makanan atau kudapan yang bisa dihasilkan dari singkong. Salah satunya adalah getuk. Makanan ringan yang terbuat dari singkong ini,  merupakan jajanan pasar yang banyak ditemui di daerah Jawa . Namun di Makassar juga banyak ditemui, salah satunya di Jl Rappocini. 

Diberi nama Getuk Cinta Abg, dijual diatas gerobak mini. Getuk ini menyajikan warna yang menarik, yakni warna warni seperti pelangi.

Pembuat Getuk Singkok, Anas Suherman mengatakan getuk yang dibuatnya sendiri bervariasi. Ada getuk singkong kukus atau rebus yang ditumbuk dengan gula merah, diiris halus lalu disajikan bersama parutan kelapa.

Selain itu kata Anas, ada getuk lindri yang diberi tambahan pewarna makanan dengan ditumbuk halus bersama gula merah. Kemudian dibentuk model gelombang.

“Getuk ini saya buat kombinasikan dengan lopis yang terbuat dari ketan putih kemudoan campu kelapa,”ucapnya.

Ahli Gizi, Prof Veny Hadju mengatakan menikmati getuk memang cocoknya disajikan dengan gula merah dan kelapa. Dua bahan ini memiliki kandungan yang cukup besar

“Kalau gula merah memiliki kandungan mineral dan vitamin dalam jumlah yang sedikit. Mulai dari vitamin A, C, K, dan kalsium,” ucapnya

Gula ini kata Prof Veny, merupakan sumber vitamin dan mineral yang lebih baik daripada pemanis yang sebanding. Selain itu jenis gula ini juga memiliki indeks glikemik yang lebih rendah daripada pemanis.

“Sementara kelapa dalam 100 gramnya memiliki kandungan kalori sebesar 660 kkal. Dari kalori tersebut terdiri dari 83% lemak, 13% karbohidrat dan 4% protein,” ucapnya.(wis/lin)

News Feed