English English Indonesian Indonesian
oleh

Bola-bola Singkong Gurih dan Mengeyangkan

FAJAR, MAKASAR-  Singkong merupakan sumber serat dan karbohidarat yang kompleks. Tidak hanya itu singkong juga mengandung zinc, magnesium, selenium, fosfor, vitamin A, vitamin B, dan beragam jenis antioksidan, seperti polifenol dan flavonoid.

Kandungan nutrisi pada singkong sangat beragam, maka dari itu dianggap memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Sebagian dunia terutama wilayah tropis menjadikan singkong sebagai makanan pokok.

Di Indonesia, singkong dapat diolah menjadi aneka masakan, seperti getuk, tape, singkong rebus atau kukus, dan berbagai cemilan yang gorengan.

Salah satu camilan goreng dengan berbahan dasar singkong yang gurih, sehat dan mengenyangkan adalah bola-bola singkong. Cara pembuatannya pun cukup mudah.

Chef Eddy Siswanto membagikan resep serta langkah-langkah pembuatannya. Yakni menyiapkan 400 gram singkong yang sudah direbus, 50 gram gula pasir, seperempat sendok teh garam, dua sendok makan mentega, 80 gram tepung tapioka, dan 50 gram tepung terigu.

Langkah pembuatannya, kata dia, yakni haluskan singkong rebus dengan cara dibejek-bejek, jika sudah halus, letakkan pada wadah lalu masukan gula pasir, garam dan mentega, aduk hingga merata.

Lalu, tambahkan tepung terigu dan tapioka. Gunakan sarung tangan untuk mengaduk adonan. “Bentuk adonan bulat-bulat kecil. Siapkan minyak panas lalu goreng adonan. Aduk hingga kecoklatan. Jika sudah matang angkat dan tiriskan. Jadi deh,” ujarnya.  (jp/lin)

• 

BalasTeruskanTambahkan reaksi

News Feed