English English Indonesian Indonesian
oleh

Makassar Tunggu Jokowi Resmikan Tol MNP

MAKASSAR, FAJAR — Tol Makassar New Port (MNP) telah beroperasi. Namun, belum diresmikan secara seremonial.

Penjabat Gubernur Sulsel, Bahtiar Baharuddin mengungkapkan, pihaknya telah mengundang Presiden RI Joko Widodo untuk meresmikan proyek Tol MNP yang terhubung ke pelabuhan MNP.

Seperti diketahui, proyek Tol Makassar New Port, adalah akses jalan yang dibangun untuk mempermudah mobilisasi transportasi perdagangan, ekspor maupun impor. Tol MNP dibangun sepanjang 3,21 km.

Jalan tol ini akan menghubungkan ke beberapa titik yang mengarahkan angkutan langsung menuju MNP. Yaitu dari arah Pelabuhan Makassar (Jalan Tol Seksi 1) menuju MNP dari arah Bandara Sultan Hasanuddin (Jalan Tol Seksi IV) menuju ke MNP. Proyek ini dibangun dengan anggaran Rp705 miliar untuk mendukung pengembangan kawasan industri.

Bahtiar mengapreasiasi Pemerintah Pusat, bersama swasta yang telah bekerja sama membangun akses jalan ke Makassar New Port. Di mana pelabuhan berskala internasional dengan kapasitas yang cukup besar.

“Kami mengucapkan terima kasih, kepada Pak Presiden (Joko Widodo), Kementerian PUPR dan swasta yang telah bekerja sama membangun itu. Dengan adanya tol baru tersebut satu mengurai kemacetan kecepatan untuk akselerasi, barang kontainer,” ujar Bahtiar, beberapa waktu lalu.

Ia pun mengaku, telah bertemu dengan manajemennya dan sudah mengajukan secara tertulis kepada Presiden, jika berkenan untuk hadir meresmikan Tol MNP.

“Saya sudah secara tertulis, kepada Bapak Presiden (Jokowi) jika berkenan waktu beliau meresmikannya, kami menunggu saja kapan. Intinya Pemprov dan saya sudah bicarakan dengan kawan Forkopimda provinsi, kami mengatur,” sebutnya.

News Feed