English English Indonesian Indonesian
oleh

Cegah Maling Beraksi, Polisi Patroli di Kawasan Terdampak Banjir

Pesisir Paling Terdampak
Sementara itu, puncak musim hujan diprediksi akan berlangsung hingga akhir Januari. Wilayah yang paling pertama terdampak hujan deras adalah daerah pesisir pantai.

Prakirawan Balai Besar Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BBMKG) Wilayah IV Makassar, Sultan mengatakan, wilayah pesisir adalah wilayah yang paling patut diwaspadai. Sebab hujan lebih banyak terjadi di laut. Selain itu, hujan di laut juga akan menyebabkan gelombang laut ikut meningkat.

“Curah hujan di laut dan pesisir pantai lebih tinggi dari daratan. Hal ini dipengaruhi pola angin yang banyak dimulai dari laut ke daratan,” urai Sultan, Kamis, 18 Januari.

Selain hujan deras yang patut diwaspadai masyarakat adalah angin kencang. Berdasarkan data menunjukkan bahwa ketinggian gelombang di laut juga terbilang tinggi. Ketinggian 1,25 meter hingga 2,5 meter, kategori moderate sea untuk perairan Parepare, Spermonde Pangkep, Spermonde Makassar, Sabalana, Teluk Bone bagian utara, Teluk Bone bagian selatan, dan Selayar.

Kategori rough sea ketinggian gelombang 2,5 meter hingga 4 meter terjadi di Selat Makassar bagian selatan, Spermonde Pangkep bagian barat, Spermonde Makassar bagian barat, Selayar, Laut Flores bagian utara, Flores bagian barat, Bonerate-Kalaotoa bagian utara, Bonerate-Kalaotoa bagian selatan, dan Laut Flores bagian timur.

“Waspada potensi terjadinya hujan sedang-lebat yang dapat disertai petir, kilat, dan angin kencang. Ini dapat menyebabkan bencana hidrometeorologi di wilayah Sulsel,” jelasnya. (maj-edo)

News Feed