English English Indonesian Indonesian
oleh

Ekonomi Sulsel Baru dan NTP

Selain komoditas horti, perhatian Pemprov Sulsel saat ini juga pada petani perikanan. Dicanangkan program apartemen ikan untuk memperbanyak terumbu karang bagi habitat ikan, demikian pula program budi daya ikan melalui program ribuan kolam bioflok. Petani di sektor peternakan juga tidak terlupakan melalui program sejuta inseminasi buatan (IB) untuk meningkatkan populasi ternak utamanya sapi dan kambing.

Dalam mewujudkan berbagai strategi peningkatan kesejahteraan masyarakat Sulsel melalui pertanian terus disinergikan dengan program prioritas nasional pada Kementerian Pertanian. APBD Sulsel yang hanya sekitar Rp10 triliun tentu sangat terbatas.

Optimalisasi sumber pembiayaan melalui APBN sangat diharapkan, demikian pula dana perbankan dan peran serta sektor swasta. Semoga apa yang menjadi harapan para pemangku kepentingan termuat dalam rancangan RPJP Sulsel 2025-2045 dengan visi Sulsel Maju, Mandiri, dan Berkelanjutan, dapat terealisasikan. Panjang umur Dr Bahtiar Baharuddin, Pj Gubernur Sulsel. (*)

News Feed