English English Indonesian Indonesian
oleh

Visi Rahmat Gobel 2051: Akselerasi Kota Gorontalo Sebagai Kota Agropolitan

Rachmat Gobel menekankan, untuk mengatasi tantangan ini, Visi 2051 hadir untuk menawarkan harapan yang menggambarkan Gorontalo sebagai pusat ekonomi yang tumbuh pesat sebagai Kota Agropolitan.

“Fokus kami adalah melalui pembangunan yang lebih terfokus pada tiga sektor krusial ; pertanian, perkebunan, peternakan, dan perikanan sebagai pilar pertama, usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) sebagai pilar kedua, dan sektor pangan serta herbal sebagai pilar ketiga,” ujar Rahmat Gobel.

Lebih lanjut, Rahmat Gobel mengatakan bahwa ia ingin menjadikan Gorontalo dari provinsi termiskin ke-5 menjadi provinsi
termakmur ke-5 di Indonesia. Dengan pendekatan ini, ia berharap mengintegrasikan sektor pertanian dan perikanan, sebagai mata pencaharian utama masyarakat Gorontalo, dengan industri nasional dan pasar ekspor global.

“Dampak positif yang diharapkan adalah penciptaan100 ribu lapangan kerja dari hulu hingga hilir, memberikan kehidupan baru bagi Gorontalo,” harapnya.

Wilayah Kawasan Industri Anggrek diproyeksikan akan menjadi pusat
pengolahan dan kemasan untuk produk pertanian dan perikanan yang akan diekspor ke berbagai negara di kawasan Asia Timur seperti Jepang dan Korea Selatan. Proyek ini diharapkan akan meningkatkan nilai investasi lebih dari IDR 835 triliun, menggerakkan 140.000 TEUs logistik, memperkuat industri di luar Pulau Jawa.

“Dengan penuh harapan, pemerintah provinsi bersama masyarakat Gorontalo menyambut kehadiran dua lokomotif untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat yaitu, Pelabuhan Internasional Anggrek dan Kawasan Industri Anggrek oleh PT AGIT (Anggrek Gorontalo Terminal International) sebagai pengelola Pelabuhan Anggrek dengan skema Kerja sama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU), sebagai tonggak pembangunan ekonomi di Gorontalo. Ini tidak hanya akan membuka peluang lapangan pekerjaan yang luas, tetapi juga memberikan kesempatan untuk meningkatkan keterampilan masyarakat sehingga sejalan dengan kebutuhan industri yang berkembang,” Jelas Suleman Lakoro, Sekda Gorontalo Utara.

News Feed