English English Indonesian Indonesian
oleh

Lutim Berpotensi Jadi Daerah Pengekspor Pisang Cavendish dan Durian

Menggeliatkan usaha ini bebernya, juga tidak sulit. Sebab bantuan modal dari perbankan juga disediakan. Dana KUR yang disediakan di Bank Sulselbar mencapai angka Rp 15-30 triliun. “Tahun ini Rp 1 triliun akan disalurkan. Metode pembayarannya juga setelah panen. Kita tidak boleh menyusahkan masyarakat. Sebab sudah dibuat senang,” katanya sambil tersenyum.

Selain pisang cavendish, Bahtiar Baharuddin sangat tertarik dengan durian di Luwu Timur. Menurutnya, potensi budidaya durian berkualitas tinggi di Luwu Timur bisa diwujudkan. “Kita berikan 10 ribu bibit durian musangking tahun ini. Ini langkah awal. Jika ini berhasil, maka kita kembangkan hingga mencapai 1 juta pohon. Ini bukan hal sulit diwujudkan,” ucapnya.

Bupati Lutim, Budiman sangat senang mendapat perhatian dari Pemrov Sulsel. Bantuan di sektor pertanian tentu akan memudahkan pemerintah meningkatkan hasil-hasil pertanian. “Tahun lalu anggaran pertanian sekitar Rp 40 miliar lebih. Sekarang ditambah menjadi Rp 80 miliar. Sebab masyarakat kita mayoritas petani,” kata Budiman. (ans)

News Feed