English English Indonesian Indonesian
oleh

Komisi Informasi Pusat Harap DPRD Sulsel Pilih Komisioner Berkualitas dan Berintegritas

FAJAR, JAKARTA-Tim Seleksi Komisi Informasi (Timsel KI) Provinsi Sulawesi Selatan melakukan kunjungan kerja ke kantor Komisi Informasi Pusat di Jakarta pada Rabu, 13 Desember 2023. Kunjungan tersebut bertujuan melaporkan hasil seleksi 15 calon komisioner Komisi Informasi Provinsi Sulawesi Selatan yang akan mengikuti tahap “Fit and Proper Test” di Komisi I DPRD Provinsi Sulawesi Selatan.

Gede Narayana, anggota Komisi Informasi Pusat, menyambut baik laporan dari Timsel dan mengapresiasi kerja keras mereka. Ia berharap proses seleksi yang masih memiliki dua tahapan lagi, yaitu fit and proper test hingga pelantikan, dapat diselesaikan dengan baik oleh DPRD Sulsel.

“Saya berharap Timsel dapat memberikan dorongan kepada Komisi I DPRD agar segera melaksanakan fit and proper test. Tahapan ini harus transparan, akuntabel, dan merupakan hak prerogatif absolut dari Komisi I untuk menetapkan komisioner terpilih, yang berjumlah 10 orang, termasuk cadangan,” terang Gede.

Gede menambahkan, sesuai dengan Peraturan Komisi Informasi No.4 Tahun 2016, saat Pemprov menyerahkan nama-nama calon komisioner ke Komisi I DPRD Provinsi Sulawesi Selatan, Komisi I harus melakukan fit and proper test paling lambat 30 hari setelahnya. Setelah hasil test keluar dan diserahkan ke Pemerintah Provinsi, Pemprov harus melaksanakan pelantikan dalam waktu paling lambat 30 hari.

“Di sinilah tugas Diskominfo dan Sekretariat Komisi Informasi Provinsi, mendorong agar fit and proper test segera dilaksanakan dan komisioner terpilih segera dilantik. Itu harapan dari saya,” pungkas Gede Narayana.

Dalam suasana antusias, Hasrullah, Ketua Timsel, menyampaikan hasil seleksi kepada Gede Narayana. “Kami dengan gembira melaporkan 15 nama calon komisioner yang telah kami pilih melalui proses yang ketat dan berdasarkan kualifikasi tinggi. Kami yakin bahwa mereka akan menjadi aset berharga untuk mendukung akses informasi dan transparansi di Sulawesi Selatan,” ucap Hasrullah.

Anggota Timsel yang hadir, antara lain, Hasrullah (Ketua Timsel), Muhlis Madani (Wakil Ketua Timsel), Asradi (Anggota Timsel), beserta anggota Sekretariat Komisi Informasi Provinsi Sulawesi Selatan diterima dengan senang hati oleh Anggota Komisi Informasi Pusat. Pertemuan ini merupakan langkah signifikan dalam menjalankan proses seleksi anggota komisioner yang transparan dan profesional. (*)

News Feed