English English Indonesian Indonesian
oleh

Grand Final Puteri Indonesia Sulsel 2024, Ada 11 Nama Finalis

FAJAR, MAKASSAR– Sebanyak 11 finalis bakal memperebutkan mahkota baru Puteri Indonesia Sulawesi Selatan (Sulsel) tahun 2024. Rencananya, Malam Grand Final Puteri Indonesia Sulsel 2024 bakal digelar di Gedung Manunggal, Jl Sudirman, Makassar, Jumat, 15 Desember

Ketua Panitia Pemilihan Puteri Indonesia Sulsel 2024, Marcel Dwi Putra mengatakan saat ini para finalis sedang memasuki masa karantina. Mereka akan di asramakan Selasa,12 Desember.

Dalam masa karantina tersebut, juga akan sembari dilanjutkan dengan malam Bakat, Seni dan Budaya. Para puteri akan memperlihatkan prestasi atau bakat yang dimiliki di Aula Gedung Mulo Disbudpar Sulsel, Rabu, 13 Desember. “Ada juga deep interview pada Kamis, 14 Desember dan malam grand final akan dilaksanakan Jumat, 15 Desember,” kata Marcel.

Marcel menyebut, total ada 17 orang pendaftar, namun yang berhasil masuk karantina hanya 11 finalis. Para finalis itu dipilih langsung masuk grand final dari pusat dengan berbagai kriteria penilaian. “Penilaiannya itu menekankan advokasi. Ada visi kegiatan sosial yang mereka sampaikan,” sebutnya.

Untuk malam grand final, panitia Pemilihan Puteri Indonesia Sulsel 2024 mengangkat tema Rumah Adat Tongkonan. Sementara untuk tema malam grand final, Panggung didesain sedemikian rupa oleh Faldy Rionaldy.

Pemegang Lisensi Puteri Indonesia Sulsel dari CV. Sachiko Berkah Globalindo, Faldy Rionaldy mengatakan tema Toraja diambil karena menjadi bentuk yang berarti dan memiliki filosofi kekayaan Sulawesi Selatan.

Tongkonan sendiri adalah rumah adat dari Tana Toraja, Sulawesi Selatan. Ada 3 bagian tongkonan, pertama Kollong atau biasa disebut Suluk Banua, kedua Bagan atau biasa disebut Kale Banua, dan ketiga Atap atau Rattiang Banua. “Inilah yang akan diperlihatkan nanti. Begitupun saat adanya puteri yang terpilih, ia akan membawa tema ini ke kancah nasional,” tuturnya.

Mengenai tema yang mengambil Rumah adat Tongkonan terdiri dari 3 lapis dalam bentuk persegi panjang. Bentuk persegi panjang ini melambangkan empat kehidupan manusia yang terdiri dari kelahiran, kehidupan, ibadah, dan kematian. Desain ini berarti bahwa setiap orang mendapat kesempatan yang sama untuk menjadi pemenang. (wis/*)

Daftar Nama Finalis Puteri Indonesia Sulsel

  1. Sakinah Paramitha Aulia (Jeneponto)
  2. Clara (Luwu Utara)
  3. Ade Nova Puspita Sari (Bone)
  4. Andi Andini Yundira (Makassar 1)
  5. Chelsea Beatrix Putri R (Tana Toraja)
  6. Asihta Aulia Azzahra (Pangkep)
  7. Alfionita Cesari Yasmin (Sidrap)
  8. Andi We Tenri S Ugi (Soppeng 1)
  9. Feby Farahdillah Rahman (Soppeng 2)
  10. Safira Adinda Putri (Makassar 2)
  11. Revanelia Christiani Conna M (Toraja Utara)

News Feed