English English Indonesian Indonesian
oleh

Kadin Dorong Seluruh Pihak Terkait Topang Geliat Ekspor, AIA: Dongkrak Perekonomian Masyarakat

FAJAR, MAKASSAR — Potensi ekspor Sulsel terus menujukkan tren positif. Maka dari itu dengan kekayaan sumber daya alam yang dimiliki peluang komoditas baru sangat besar untuk bisa dimunculkan.

Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Sulsel, Andi Iwan Darmawan Aras (AIA) menuturkan, berbicara tentang ekspor, Sulsel saat ini telah memiliki komoditas unggulan. Di mana hal itu sudah beberapa tahun mendukung pertumbuhan ekonomi di Sulsel.

“Tetapi yang harus dilakukan saat ini adalah bagaimana menggali peluang ekspor untuk komoditas baru, hal itu mesti dimunculkan,” katanya.

Lebih lanjut, Wakil Ketua Komisi V DPR RI itu mengatakan dengan kemunculan komoditas baru tersebut secara tidak langsung juga turut mendongkrak perekonomian masyarakat secara umum.

“Jadi kalau ada pelaku ekspor baru yang muncul maka akan semakin banyak peluang pergerakan ekonomi masyarakat yang terjadi, dan tidak monoton bahwa itu-itu saja yang melakukan ekspor,” ucapnya.

Bendahara Umum DPN HKTI itu juga mengatakan, apalagi saat ini sudah ada fasilitas yang disediakan untuk melakukan pengiriman langsung barang melalui kapal dan kargo menuju negara tujuan ekspor.

“Semua topangan infrastruktur itu membuat kegiatan ekspor akan semakin bergeliat dan sangat mudah dilakukan, serta ada efisiensi biaya dari segi pengirimannya,” ujarnya.

Badan Kehormatan BPP Hipmi itu juga meminta bahwa dengan adanya peluang ekspor yang tinggi maka pemerintah harus mengambil peran untuk membantu, salah satunya dengan memberikan kemudahan ekspor.

News Feed