English English Indonesian Indonesian
oleh

Optimalkan Pembangunan Investasi di Sulsel (1)

Kegiatan ini sangat strategis dan sesuai dengan upaya pemerintah nasional mendorong partisipasi seluruh wilayah dalam meningkatkan dan mengoptimalkan kegiatan investasi di masing-masing wilayahnya. Sehingga diharapkan akan tercipta kegiatan pembangunan yang merata dan berkeadilan di seluruh wilayah Indonesia.

Pemerintah nasional terus mendorong terjalinnya kerjasama internasional untuk meningkatkan dan mengoptimalkan peran investasi dalam pembangunan di Indonesia umumnya dan di daerah khususnya, diantaranya di Sulsel. Beberapa upaya dilakukan melalui: Indonesia Investment Forum Dubai; Seminar Investasi Di Tokyo di Jepang; Indonesia-korea 50 Years Business Forum; Belt and Road Summit 14-16 September 2023; dan tearkhir Indonesia Investment Forum (IIF) di London 5 Oktober 2023.

Dalam hubungannya dengan Sulsel, Bank Indonesia pada kesempatan SSIF-2023 minggu lalu mengemukakan beberapa hal penting yang dapat menjadi referensi pengetahuan bagi para pihak. BI menjelaskan bahwa pertumbuhan ekonomi global 2023 diprakirakan tetap sebesar 2,7% dengan kecenderungan ekonomi Tiongkok melambat sedangkan ekonomi Amerika Serikat (AS) cendrung menguat.

Diprakirakan pula bahwa pertumbuhan ekonomi nasional tetap baik yang ditopang oleh permintaan domestic cukup stabil tren perkembangannya. Sehingga pertumbuhan ekonomi nasional tahun 2023 di proyeksi berada dalam kisaran 4,5-5,3%.

Ditengah kondisi ekonomi nasional yang baik, ekonomi Sulawesi Selatan pada triwulan II 2023 tumbuh 5,00% (yoy), tapi sedikit lambat dibanding triwulan sebelumnya, namun dalam masa triwulanan (q to q) cukup tinggi diatas 8%. Sedangkian inflasi gabungan 5 kota Sulawesi Selatan tercatat deflasi 0,06% (mtm) sedang dalam masa tahunan (y o y) relatif stabil dalam kisaran sesuai target inflasi otoritas.

News Feed