English English Indonesian Indonesian
oleh

Saksi Bupati Membramo Tengah Nonaktif Minta Perlindungan LPSK

Dia juga mengaku menguasai sejumlah bidang tanah dan bangunan yang dibeli berasal dari uang pemberina Ricky Ham pagawak. Christa juga sempat mencatat 23 aset milik Ricky Ham yang dia ketahui. “Selain tiga bidang tanah beserta bangunannya, ada juga aset bergerak, seperti homstay dan kos-kosan yang saya kelola, tapi sudah di sita KPK,” aku Christa, yang juga menyebut dirinya juga pernah meminta uang untuk pengobatan keluarga yang sakit.

Hanya saja, Ricky Ham Pagawak yang dikofrontir dalam sidang, langsung membantah sejumlah kesaksian yang disampaikan Christa. “Tidak benar ada ancaman terhadapnya (Christa) terkait dalam kasus ini. Benar ada ancaman, tapi itu terkait hubunannya dengan pria lain, karena sebenarnya, dia adalah rekan kerja saya sebagai ASN di Pemkab Membebramo Tengah, sehingga dia telah menipu LPSK agar dilindungi, dia tidak layak dilindungi,” tukasnya.

Terdakwa yang sempat buron selama tujuh bulan ini juga membatah 23 aset yang disebut saksi sebagai miliknya. Menurutnya, sebagai lelaki, wajar jika ingin terlihat keren dan mengakui beberapa aset milik orang lain atau pemkab. “Tapi secara dokumen bukan milik saya, saya hanya menunjukkan bahwa itu rumah dan lain sebagainya,” lanjut Ricky.

Selain Christa, hadir juga sebagai saksi, yaitu Yuliati, H Nurdin, Suyatin, Karmadi, Liem Athonius, Soleha Arliani, Ribkah Naomi, Tarigan Silangit, Nyiayu Oktaria dan Brigita Manohara. Pada kesempatan tersebut juga harusnya Hinca Panjaitan, politisi Partai demokrat juga dihadirkan, sebagai saksi, karena ditemukan juga aliran dana ke dia. Tapi berhalangan hadir.

News Feed