English English Indonesian Indonesian
oleh

Sekda Mesdiyono: UT Perbanyak Masyarakat Selayar Mengakses ke Perguruan Tinggi Negeri

Kegiatan OSMB ini harus diberikan kepada mahasiswa baru guna mendukung kesuksesan proses perkuliahan di UT. Kegiatan ini merupakan pengenalan proses belajar di perguruan tinggi. Khusus di Universitas Terbuka yang menerapkan sistem belajar jarak jauh.

Tujuan OSMB membangun kesiapan, kesanggupan, dan kemandirian mahasiswa dalam belajar sehingga berhasil menempuh studi pada sistem Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh (PTJJ).

Melalui OSMB, mahasiswa baru akan memperoleh pemahaman komprehensif tentang hakikat PTJJ dan kaitannya dengan sistem pendidikan nasional, kelembagaan dan keorganisasian UT, sistem pembelajaran di UT (mulai dari layanan registrasi, perolehan bahan ajar, tutorial, praktik/praktikum, sistem penilaian hasil belajar semester dan akhir program, hingga sertifikasi).

Pada hari kedua PKBJJ merupakan bekal kepada para mahasiswa baru agar lebih siap dalam mengikuti perkuliahan di UT.

Para mahasiswa diberi bimbingan modul, bimbingan membaca efektif membikin peta konsep sampai melahirkan kerangka pikir.

Lewat PKBJJ ini membangun kesiapan belajar mahasiswa baru untuk bisa menjalani secara lancar proses pembelajaran sesuai target waktu yang direncanakan.

PKBJJ bertujuan membekali mahasiswa dengan pemahaman dan keterampilan belajar efektif dalam sistem PJJ di UT agar memiliki kesiapan, kepercayaan diri, dan kemandirian dalam menyelesaikan studinya dengan efektif dan hasil yang baik.

Mahasiswa akan diberikan pembekalan mengenai layanan keterampilan membaca modul secara efektif, keterampilan merekam hasil baca, kiat sukses mengikuti Tutorial dan UAS, keterampilan mengakses layanan online, serta masih banyak materi lain yang sangat membantu mahasiswa agar lebih siap selama belajar di UT.

News Feed