English English Indonesian Indonesian
oleh

Kunker ke Makassar, Mensos Cek Kesiapan Venue Jelang Pertemuan AHLF tentang Penyandang Disabilitas

MAKASSAR, FAJAR — Menteri Sosial RI (Mensos) Tri Rismaharini mengecek kesiapan venue perhelatan pertemuan pejabat tinggi dan mitra ASEAN tentang penyandang disabilitas di Kota Makassar, Rabu, 6 September 2023. Agenda internasional bertajuk ASEAN High Level Forum (AHLF) on Enabling Disability and Partnership beyond 2025 itu akan digelar pada 9-11 Oktober 2023.

Rencananya, Mensos akan memperkenalkan Unit Pelayanan Teknis (UPT) Kementerian Sosial yang ada di Makassar yaitu Sentra Wirajaya kepada delegasi negara ASEAN. Di mana salah satu fungsi Sentra Wirajaya adalah memberikan pelayanan rehabilitasi sosial bagi penyandang disabilitas. Selain itu, Mensos secara khusus memilih Benteng Rotterdam sebagai venue gala dinner.

“Kita akan tambah beberapa akses di Benteng Rotterdam, terutama terkait akses untuk penyandang disabilitas,” kata Mensos di sela-sela kegiatannya di Sentra Wirajaya, Rabu, 6 September.

Lanjut Mensos, pihaknya akan membuat fasilitas ramah penyandang disabilitas, seperti membuat toilet khusus. Hal ini penting untuk memberikan kenyamanan bagi para peserta saat menjalani konferensi dan menunjukkan kepada dunia bahwa masyarakat Makassar adalah civilised society yang menghormati hak-hak penyandang disabilitas.

Perhelatan AHLF juga menjadi momentum untuk menunjukkan kepada masyarakat internasional tentang potensi wisata di Kota Daeng yang tidak hanya terkenal dengan panorama, tetapi juga wisata kuliner yang khas. “Kita harus tunjukkan, siapa tahu nanti dia (delegasi) mau bawa keluarganya ke sini setelah selesai acara,” ujar Mensos kepada Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto.

News Feed