English English Indonesian Indonesian
oleh

Berantas Sindikat, BP2MI Bentuk Dua Komunitas Relawan

”Struktur Kawan PMI dan Perwira PMI dapat dibentuk di tingkat kabupaten/kota, provinsi dan pusat. Kawan PMI membantu BP2MI dalam melaksanakan kegiatan penyebarluasan informasi, pendampingan PMI terkendala dan keluarganya. Begitu pula dengan pencegahan penempatan ilegal PMI,” tegasnya.

Pengukuhan 255 komunitas relawan ini menjadi penanda tidak komprominya pemerintah terhadap sindikat. Untuk Kawan PMI, kata Benny, telah dibentuk di 175 kabupaten/kota kantong PMI yang ada di sembilan Provinsi.

”Kawan PMI sudah terbentuk di 175 kabupaten/kota dan provinsi, seperti Lampung, Banten, Jabar, Jateng, Jatim, NTB, Sulut, Sultra, dan Sulsel. Jumlah penggerak sekaligus pengurus sebanyak 875 orang,” tuturnya.

Kemudian, dalam rangka meningkatkan kesejahteraan ekonomi PMI dan keluarganya, BP2MI telah membentuk Perwira PMI di 23 provinsi kantong PMI. Sedangkan demi mengoptimalkan penyebarluasan informasi, Kawan PMI terdiri dari PMI dan keluarga purna PMI, serta keluarga paralegal yang berdomisili di wilayah Kawan PMI.

”BP2MI melibatkan tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh pemuda dan tokoh adat yang masuk dalam struktur Kawan PMI. Sedangkan Perwira PMI dibentuk untuk meningkatkan kesejahteraan ekonomi bagi PMI dan keluarganya,” kata dia.

Sementara Menteri BUMN Erick Thohir menyampaikan selamat pada para pengurus Kawan PMI dan Perwira PMI yang baru saja dilantik. Erick berharap, mereka dapat mengemban amanah, bekerja untuk PMI, demi kemandirian ekonomi PMI bersama keluarganya.

“Selamat atas dilantiknya Kawan PMI dan Perwira PMI. Ini peluang serta keberpihakan pemerintah untuk mengajak masyarakat terlibat dalam melindungi PMI secara menyeluruh,” ujarnya.

News Feed