English English Indonesian Indonesian
oleh

Arafah Miniatur Padang Mahsyar, Jutaan Umat Muslim Wukuf

Dijelaskan juga bahwa, ritual wukuf juga mengisyaratkan pentingnya berhenti sejenak dari hiruk-pikuk kehidupan duniawi. Manusia butuh waktu-waktu khusus untuk berhenti dari kerutinan dan aktivitas, berhenti sejenak agar dapat berpikir, menimbang, dan merencanakan agenda kehidupan jangka panjang. Selama di Arafah, jamaah haji dianjurkan untuk terus berdzikir mengingat Allah dengan membaca talbiyah, kalimat tauhid atau membaca Al-Qur’an. 

Selain berdzikir, Jemaah haji lemah dianjurkan untuk menyelingi dzikir dengan berdoa kepada Allah. Sebab Arafah adalah tempat mustajab (terkabulnya doa). Berdoa tidak harus berbahasa Arab. Jamaah haji boleh berdoa dengan membaca terjemah dari buku doa dan dzikir manasik haji atau dengan bahasa sendiri yang dimengerti. “Meyakini bahwa doanya selama di Arafah dikabulkan Allah. Jangan sekali-kali menyangka bahwa usaha itu akan gagal. Bagi seseorang yang hadir di Arafah tidak boleh menduga bahwa Allah tidak mengampuni dosanya,” katanya.

Selama wukuf dianjurkan tidak menyia-nyiakan waktu yang ada. Jamaah haji dianjurkan untuk kontemplasi atau tafakkur merenungi kebesaran Allah, dan merasa dirinya kecil dan tidak berdaya di hadapan Allah, kemudian berserah diri kepada Allah dan mengharap datangnya kekuatan dari Allah, agar bisa terus beribadah dan  meningkatkan amal salih.

Begitu pentingnya prosesi di Arafah, jemaah yang terbaring sakit pun akan dibawa dan melakukan safari wukuf di bus selama dua jam di Padang Arafah. Sebab, momen ini adalah paling sakral dalam pelaksanaan haji. Disanalah haji itu. “Bagi jamaah yang ketika berada di kemah Arafah tertimpa musibah sakit, agar berserah diri sepenuhnya kepada Allah dengan menerapkan sifat sabar, memperbanyak dzkir dengan ikhtiar berobat ke dokter, dan berdoa agar Allah menyembuhkan sakitnya. Jika harus dirawat di rumah sakit, tidak perlu menolak, sebab perawatan itu sangat penting sebagai upaya memperoleh kesembuhan,” paparnya.

News Feed