English English Indonesian Indonesian
oleh

Arafah Miniatur Padang Mahsyar, Jutaan Umat Muslim Wukuf

FAJAR, MAKKAH– Padang Arafah menjadi miniatur Padang Mahsyar di akhirat nanti. Jutaan umat muslim dari berbagai belahan dunia berkumpul, berhenti, diam tanpa gerak di Padang Arafah. Bermunajat, memohon, bersimpuh penuh kecemasan dan penuh harap.

Wukuf berarti berhenti. Diam tanpa bergerak. Wukuf mengisyaratkan bahwa segala di dunia yang semula bergerak, suatu saat gerakan itu akan berhenti. Jantung manusia suatu saat akan berhenti berdetak, matanya akan berhenti berkedip, kaki dan tangannya akan berhenti melangkah. Terjadilah kematian dan manusia pada saatnya nanti akan dikumpulkan di Padang Mahsyar. “Arafah menjadi lambang dari Padang Mahsyar. Di padang Mahsyar manusia diam, cemas dan penuh harap saat menunggu keputusan Allah SWT, surga atau neraka. Di padang Arafah inilah semua manusia berkumpul dalam status yang sama sebagai hamba Allah. Tak ada lagi kesombongan, tak  ada lagi status sosial.

Semua berpakaian putih-putih, menunjukkan kesucian jiwa dan kejernihan pikiran untuk menggapai ridha Ilahi,” papar, Kepala Seksi (Kasi) Bimbingan Ibadah (Bimbad) Daerah Kerja (Daker) Makkah, KH Zulkarnain Nasution, Senin, 26 Juni.

Lulusan Al-Azhar University Cairo ini mengatakan bahwa,  Arafah adalah lambang dari maqam ma’rifah billah atau pendekatan kepada Allah swt. Di Arafah seluruh jemaah haji dari berbagai penjuru dunia berkumpul  dengan bahasa, suku, bangsa, adatistiadat, dan warna kulit yang berbeda-beda, tapi mereka punya satu tujuan yang dilandasi persamaan, tanpa perbedaan. Di situlah tampak nyata persamaan yang hakiki.  “Wukuf bermakna pengenalan. Saat inilah seorang Muslim diharapkan bisa lebih mengenali dirinya dan Allah SWT sebagai Tuhannya. Di Arafah inilah umat Islam diminta untuk berdiam, merenung, berintrospeksi dan bertaubat kepada-Nya. Haji baru dapat mencapai hakekatnya bila seseorang dapat mengetahui hakekat dirinya di hadapan Tuhannya. Wukuf di Arafah mengantarkan seseorang mencapai makrifat, pengetahuan tentang status dirinya sebagai hamba Allah SWT,” ungkapnya.

News Feed