English English Indonesian Indonesian
oleh

Aliyah Kampanyekan Germas, Wujudkan Indonesia Sehat

FAJAR, MAKASSAR-Bersama Kementerian Kesehatan RI, Anggota DPR RI, Aliyah Mustika Ilham terus kampanyekan Gerakan Masyarakat wujudkan Indonesia Sehat. Salah satu caranya melalui sosialisasi promotif preventif faktor resiko penyakit tidak menular.

Melalui sosialisasi ini diharapkan mampu meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat dan mencegah lebih dini terjadinya komplikasi penyakit yang dapat menyebabkan kondisi semakin buruk.

“Untuk penyakit tidak menular dapat dilakukan pencegahan dengan melakukan deteksi dini, seperti cek tekanan darah, gula darah, dan indeks massa tubuh (IMT) atau lingkar perut secara rutin,” ujarnya Aliyah dalam sosialisasi yang belangsung di Hotel Marina, Sabtu (17/06/2023).

Untuk itu sosialisasi ini juga menyediakan layanan pemeriksaan deteksi dini secara gratis, seperti pengukuran berat badan, tinggi badan, tekanan darah, serta cek gula darah dan IMT.

dr Indra Kurniasari Usman, yang turut menjadi pemateri dalam sosiasilasi ini juga memberikan pemaparan terkait promotif preventif faktor risiko penyakit tidak menular. Ia menjelaskan bahwa upaya pencegahan PTM terbilang mudah.

Dengan menerapkan GERMAS, seperti aktivitas fisik minimal 10.000 langkah sehari, car free day, dan terapkan perilaku hidup bersih dan sehat.

“Kita terus berupaya mencegah diabetes dengan melakukan edukasi dan informasi kesehatan kepada masyarakat tentang cara hidup sehat, menghimbau mengendalikan konsumsi gula, garam dan lemak.

Kemudian juga mendorong konsumsi tinggi serat seperti buah dan sayur, jaga keseimbangan kalori, serta rutin melakukan pengobatan di fasilitas pelayanan kesehatan sesuai standar,” ujarnya.

Diakhir kegiatan, Aliyah turut berbagi kebahagiaan dengan peserta sosialiasi. Legislator Senayan dari Fraksi Partai Demorat itu membagikan suprise bagi peserta yang ulang tahun di bulan Juni.(maj)

News Feed