Listing kompetensi yang dibutuhkan bagi pegawai pemerintah agar mampu menyelenggarakan pelayanan dengan baik di lingkungan kerja
Terdapat tiga jenis kompetensi yang perlu dimiliki ASN sebagaimana tercantum dalam uu asn dan dijabarkan dam permenpan RB Nomor 38, yakni kompetensi teknis, kompetensi manajerial dan kompetensi sosial kultural. Kompetensi teknis adalah pengetahuan, keterampilan, dan sikap/perilaku yang dapat diamati, diukur, dan dikembangkan yang spesifik berkaitan dengan bidang teknis Jabatan
- Kompetensi Teknis adalah pengetahuan, keterampilan, dan sikap/perilaku yang dapat diamati, diukur dan dikembangkan yang spesifik berkaitan dengan bidang teknis jabatan.
- Kompetensi Manajerial adalah pengetahuan, keterampilan, dan sikap/perilaku yang dapat diamati, diukur, dikembangkan untuk memimpin dan/atau mengelola unit organisasi.
- Kompetensi Sosial Kultural adalah pengetahuan, keterampilan, dan sikap/perilaku yang dapat diamati, diukur, dan dikembangkan terkait dengan pengalaman berinteraksi dengan masyarakat majemuk dalam hal agama, suku dan budaya, perilaku, wawasan kebangsaan, etika, nilai-nilai, moral, emosi dan prinsip, yang harus dipenuhi oleh setiap pemegang Jabatan untuk memperoleh hasil kerja sesuai dengan peran, fungsi dan Jabatan
Kondisi ASN senyatanya dewasa ini untuk memperlihatkan gap dengan kondisi ideal
Tiga masalah utama Sumber Daya Manusia di lingkungan birokrasi. Masalah tersebut yakni Kompetensi, komitmen, dan koordinasi,&kolaborasi. Pentingnya kompetensi teknis, kompetensi manajerial dan kompetensi sosial kultural. Sebagaimana fungsi ASN, maka ASN wajib memiliki pengetahuan, keterampilan, dan sikap/perilaku berdasarkan nilai dasar dan kode etik asn. Permasalahan SDM kedua, komitmen merupakan aspek penting yang perlu dimiliki ASN. Tanpa komitmen yang kuat, aparatur akan kesulitan untuk bekerja maksimal dan menghasilkan karya besar. Komitmen ini menyangkut tanggung jawab. Pegawai harus punya tanggung jawab. Punya rasa memiliki yang kuat, persoalan SDM ketiga yakni Koordinasi & Kolaborasi menyangkut kekompakan, kerja tim, sinergi, dan kolaborasi. Memiliki kompetensi bisa bekerja dengan maksimal, bila bekerja bersama, berkoordinasi dan kolaborasi, ada pekerjaan besar bisa dihasilkan dengan maksimal,