English English Indonesian Indonesian
oleh

Kompotensi SDM Menuju Indonesia Emas 2045

Oleh DWI SRI HANDAYANI

Indonesia akan mengalami usia emas pada tahun 2045. Saat itu, Indonesia genap berusia 100 tahun alias satu abad.

Pada masa itu, ditargetkan Indonesia sudah menjadi negara maju dan telah sejajar dengan negara adidaya, sebagaimana harapan Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy.

Mewujudkan Indonesia emas pada 2045 adalah mimpi pemerintah. Dalam mewujudkan impian tersebut  telah disusun Visi Indonesia Tahun 2045 dengan 4 pilar yaitu: (1 ) Pembangunan Manusia serta Penguasan Ilmu  Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK, (2) Pembangunan Ekonomi berkelanjutan, (3) Pemerataan Pembangunan, (4) Pemantapan Ketahanan Nasional dan Tata Kelolah Pemerintahan.

Keempat pilar tersebut dibangun diatas Pancasila dan UUD 1945 sebagai dasar berbangsa, bernegara dan konstitusi untuk melindungi segenap bangsa Indonesia dari seluruh tumpah darah Indonesia dan untuk memajukan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa, serta ikut melaksanakan ketertiban dunia berdasarkan kemerdekaan perdamaian abadi dan keadilan sosial.

Gambaran perwujudan Visi Menuju 2045 Pertama Pemerataan infrastruktur yang terus digenjot oleh Pemerintah  dinilai mampu menjadi fondasi menuju Indonesia Emas 2045. Adapun Pembangunan infrastruktur telah dibangun Pemerintah selama kurung waktu delapan tahun diantaranya membangun jalan sepanjang 4.600 kilometer dan pelabuhan sebanyak 124, 15 bandara baru, dan 38 perbaikan bandara lama serta 65 bendungan. Pemerataan pembangunan tol dibangun dari Sabang sampai Merauke boleh dibilang, dari Sumatera hingga Papua.

News Feed