English English Indonesian Indonesian
oleh

IPNU Gowa Dibekali Karakter MARITIM

FAJAR, MAKASSAR-Tim Dosen dari Universitas Hasanuddin (Unhas) melaksanakan pengabdian kepada masyarakat pada Sabtu-Minggu, 20-21 Mei 2023. Kegiatan ini berlangsung selama dua hari di kawasan Eko Wisata Bili-bili, Kabupaten Gowa. Pengabdian ini bertema “Pelatihan Pembentukan Karakter MARITIM bagi Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) Kabupaten Gowa” dan diikuti oleh 20 kader muda Nahdlatul Ulama se-Kabupaten Gowa.

Ketua IPNU Kabupaten Gowa, Faqbah Aripin, menyatakan kegembiraannya karena terlibat sebagai mitra dalam kegiatan ini. Ketua Tim Pengabdian, Muslimat, juga mengapresiasi peserta, pemateri, dan para fasilitator. “Para pelajar harus diberikan penguatan untuk dapat mewujudkan nilai-nilai luhur bangsa ini. Karakter mereka harus dibangun dengan nilai-nilai kemanusiaan yang tinggi. Oleh karena itu, kami akan memberikan pelatihan pembentukan karakter Manusiawi, Arif, Religius, Inovatif, Tangguh, Integritas, Mandiri (MARITIM) kepada mereka,” kata Muslimat, Dosen Sastra Indonesia Unhas ini.

Pelaksanaan pengabdian ini dimulai dengan pemilihan dan penentuan 20 orang pelajar yang tergabung dalam IPNU untuk mengikuti pelatihan ini. Para pelajar tersebut diberikan materi atau bahan bacaan/buku mengenai nilai-nilai manusiawi, arif, religius, inovatif, tangguh, integritas, dan mandiri. Mereka diberi tugas untuk membaca dan memahami materi MARITIM selama satu pekan.

Setelah satu pekan, dilakukan diskusi mendalam secara berkelompok mengenai hasil bacaan mereka tentang MARITIM. Pada hari pertama, yang dilaksanakan pada Sabtu, 20 Mei 2023, diisi dengan pemberian materi sekaligus penguatan karakter MARITIM oleh Prof. Dr. AB. Takko Bandung, M. Hum., dan Dra. Muslimat, M. Hum. sebagai pemateri yang difasilitatori oleh Dra. St. Nursa’adah, M. Hum. dan Indarwati, S.S., M. Hum. Di antara materi tersebut, disisipi dengan ice breaking yang seru, di mana peserta yang melakukan kesalahan atau tidak mengikuti instruksi akan diberikan pilihan hukuman yang bertujuan untuk membangun karakter mereka.

News Feed