English English Indonesian Indonesian
oleh

Hindari Sarapan dengan Pisang

FAJAR, MAKASSAR– Sarapan adalah hal yang disarankan dipagi hari. Dengan begitu, perut akan tahan lama hingga makan siang. Banyak orang yang memilih buah untuk sarapan. Namun, tidak semua buah bisa dikonsumsi saat sarapan.

Ada beberapa jenis buah-buahan yang harus dihindari saat sarapan, sebab bisamengganggu aktivitas. Seperti pisang, semangka, dan jeruk. Juga buah yang memiliki kadar asam yang tinggi, semisal mangga, salak dan sebagainya

Dosen Gizi, Departemen Ilmu Gizi, Universitas Hasanuddin, Syafrullah Amir SGz MPH mengungkap, pisang kaya zat gizi semisal B6, magnesium dan kalium yang sangat tinggi. Akan tetapi tidak terlalu disarankan saat sarapan.

Sebab mengkonsumsi pisang saat perut dalam keadaan kosong menyebabkan ketidakseimbangan kadar mineral dalam darah. Sehingga bisa memicu gangguan elektrolit. Gejalanya seperti keram otot, mual, dan diare.

Selanjutnya adalah semangka. Menurut Spesialis Gizi RS Ibnu Sina, dr Asrini Safitri SpGK MKes (K) semangka memang buah yang punya banyak kandungan.
Sebut saja; antioksidan bernama glutathione yang dapat memperbaiki kerusakan sel dan jaringan tubuh

Namun, semangka tidak terlalu disarankan saat sarapan, meskipun bisa saja. Tapi seseorang harus ingat konsekuensi yang bisa saja terjadi. Hal ini karena makan semangka saat sarapan bisa memicu perut kembung, begah, bahkan diare pada beberapa orang.

Selanjutnya, adalah jeruk. Salah satu buah keluarga citrus yang tinggi kandungan vitamin. Vitamin ini diperlukan untuk meningkatkan jumlah sel darah putih dalam tubuh yang berfungsi untuk melawan infeksi.

News Feed