English English Indonesian Indonesian
oleh

Pertunjukan “To’dopuli di Negeri Siam”, Gabungkan Teater, Tari, Musik, dan Multimedia dalam Satu Panggung

FAJAR, MAKASSAR-Teater “To’dopuli di Negeri Siam” dipentaskan di Gedung Kesenian Societeit de Harmonie Makassar pada Festival Seni Pertunjukan 2023, Sabtu, 13 Mei 2023. Pertunjukan yang menggabungkan teater, tari, musik, dan multimedia dalam satu panggung. Pertunjukan ini sukses memukau penonton.

Teater tersebut mengangkat kisah pelayaran Daeng Mangalle. Bermula dari berakhir perang Makassar. Perjanjian Bungaya tahun 1667 disepakati dan menandai kekalahan Kerajaan Gowa. Akibatnya, Deng Mangalle tak ingin tundak. Ia pun memilih meninggalkan Makassar bersama pengikut setianya. Ia berlayar ke Negeri Siam. Di sana dia sambut oleh sang raja.

Awalnya, ia diberikan tempat dan diterima dengan baik di Negeri Siam tersebut. Raja Siam memberinya tempat berdekatan dengan orang-orang permukiman Melayu, sesama muslim di daerah itu. Namun, terjadi konflik di sana.

Deng Mangalle dan pengikutnya dianggap turut memberontak. Perang pun tak bisa dihindari. Pasukan Deng Mangale dengan pasukan Kerajaan Siam saling berperang. Inilah sepotong kisah, Deng Mangalle yang diangkat ke atas pentas oleh sang sutradara Asia Ramli Prapanca. Ram sapaan Asia Ramli Prapanca merupakan Dosen FSD UNM.

Sementara kata Toddopuli, yang artinya sekali layar terkembang pantang surut ke pantai. Teater yang melibatkan ratusan pemain ini memikat penonton dengan pertunjukan satu jam setengah. Sutradara sekaligus penulis naksah teater, Asia Ramli Prapanca mengatakan, persiapan menuju pementasan ini sudah dilakukan dua bulan.

Kata Ram, biasanya untuk memproduksi satu pertunjukan, ia bersama tim akan berlatih 5 sampai 6 bulan, karena hanya dua bulan maka porsi latihan ditambah, setiap hari.

News Feed