English English Indonesian Indonesian
oleh

Ahmad Susanto Dukung Atlet Barongsai Bertanding di Turnamen Internasional

FAJAR, MAKASSAR–Federasi Olahraga Barongsai Indonesia (FOBI) Sulawesi Selatan menyampaikan keikutsertaannya berlaga di kejuaraan internasional yang digelar di Genting Malaysia pada Agustus 2023.

Hal tersebut diungkapkan pada acara buka puasa FOBI Kota Makassar dengan Ketua Koni Kota Makassar, yang juga di hadiri FOBI Sulawesi Selatan, Kepala Dinas Pemuda dan Olah Raga Sulsel dan Sekum Koni Sulsel, di RM New Dinar Jl Lamadukelleng.

Ketua Koni Kota Makassar Ahmad Susanto mengatakan meskipun laga tersebut diikuti oleh perwakilan Sulsel namun mayoritas atlet diwakili dari Kota Makassar.

“Maka dari itu Koni Makassar siap mendukung FOBI Sulsel agar dapat mengikuti laga internasional tersebut,” ungkap Ahmad Susanto.

Menurut Ahmad, Koni Makassar memiliki tanggung jawab yang besar untuk meraih prestasi yang baik dalam mengharumkan nama Makasar dan Sulawesi Selatan pada umumnya.

Ahmad menjelaskan barongsai merupakan sebuah permainan tradisi masyarakat Tionghoa yang berasal dari negeri Tiongkok. Namun sangat diminati masyarakat dunia begitu juga di Kota Makassar.

“Permainan ini membutuhkan keahlian khusus, keterampilan, dan keberanian serta latihan yang sangat disiplin. Dan membutuhkan waktu yang lama untuk seseorang bisa memainkan permainan ini,” ungkapnya.

Ahmad juga menyebutkan pada 2013 silam, permainan tersebut resmi dikategorikan sebagai salah satu cabang olahraga yang dipertandingkan, tergabung dalam Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI), yang bernaung di FOBI. (mum)

News Feed