English English Indonesian Indonesian
oleh

Penerimaan Tenaga Kerja Lokal Vale Bermasalah, Masyarakat Minta Polisi Periksa Komite Seleksi PTVI

FAJAR, MALILI — Penerimaan tenaga kerja lokal non staf PT Vale Indonesia (PTVI) bermasalah. Masyarakat mengadu ke polisi.

Minta periksa komite seleksi PTVI. Kerukunan Keluarga Malili (KKM), Forum Pemuda Desa Sorowako Bersatu (F-PDSB), Gerekan Pemuda Pasitabe, Karang Taruna Towuti, Pemuda Balambano Peduli Kampung (PBPK) yang tergabung dalam Masyarakat Terdampak Tambang Menggugat, memasukkan aduannya secara resmi di Mapolres Luwu Timur, Senin, 27 Februari 2023.

“Surat aduan langsung diterima penyidik Reskrim Polres Luwu Timur sore tadi. Kami berharap, penyidik serius menangani kasus adanya indikasi kecurangan dalam penerimaan tenaga kerja PTVI. Usut tuntas kasus ini,” kata Ketua Umum F-PDSB, Hamri saat ditemui di Halaman Mapolres Lutim.

Hamri mengatakan, tes teknikal yang berlangsung dua hari yang lalu, Sabtu, 25 Februari diketahui hanya diikuti oleh 3474 peserta. Setelah pengumuman di keluarkan, ada empat orang peserta yang bertambah. Yakni nomor peserta 3475, 3476, 3477, dan 3478.

“Artinya ada orang yang tiba-tiba bertambah. Kami menduga orang ini diselipkan masuk. Hal ini tentu sangat merugikan masyarakat terutama peserta lainnya,” ungkap Hamri.

Ketua Divisi Publikasi dan Komunikasi Kerukunan Keluarga Malili (KKM), Muh Riyad AK menambahkan, indikasi adanya kecurangan yang terjadi juga berdasarkan postingan soal tes teknikal yang beredar di media sosial. Artinya, soal tes sudah bocor.

“Soal ini bersifat rahasia. Tetapi kenapa foto soal beredar media sosial. Saya lihat langsung postingan soal tes itu. Artinya sudah ada indikasi soal bocor. Ini harus diusut tuntas oleh pihak kepolisian,” kata Riyad AK.

News Feed