English English Indonesian Indonesian
oleh

Bangkitkan Kembali Kegiatan Kebudayaan, Ini yang Dilakukan Disbudpar Sulsel

FAJAR, MAKASSAR – Event kebudayaan makin intens digelar di UPT Taman Budaya Benteng Somba Opu. Kegiatan ini diharapkan jadi daya tarik wisatawan.

Sejumlah kegiatan wisata budaya makin mewarnai benteng peninggalan Kerajaan Gowa tersebut. Baru-baru ini digelar Kemah Seni. Bulan lalu juga digelar Festival Budaya dan BSO Culture Festival.

Kepala UPT Taman Budaya Benteng Somba Opu Yessy Yoanna Ariestiani, mengemukakan kegiatan kemah seni diikuti oleh komunitas pecinta seni budaya di Kota Makassar. Acara ini dilaksanakan sebagai upaya membangkitkan kembali kegiatan kebudayaan.

“Ini upaya untuk pengembangan budaya,” ujar Yessy, Rabu, 30 November.

Melalui Kemah Seni ini, beragam kegiatan digelar, salah satunya lomba baca puisi. Hal ini merupakan bentuk apresiasi terhadap karya puisi seniman lokal. “Ini sangat dinantikan para pemerhati seni. Kami berharap dapat dilaksanakan berkesinambungan seperti Taman Budaya sebelumnya,” bebernya.

Hadiah untuk lima pemenang lomba puisi tersebut sebesar Rp4.750.000. Masing-masing juara satu Rp2 juta, juara dua Rp1 juta, dan juara tiga Rp750 ribu. Selain itu, juga ada hadiah uang tunai untuk juara harapan satu Rp600 ribu dan harapan dua Rp400 ribu.

Sebelumnya, Sekretaris Disbudpar Sulsel Devy Khadavy mengemukakan Benteng Somba Opu akan kembali menjadi pusat pengembangan kebudayaan di Sulsel.

“Ke depan akan banyak kegiatan budaya dipusatkan di sini,” sebutnya.

Selain wisata budaya, operasional destinasi wisata lainnya sejauh ini masih menunjukkan pergerakan normal. Bahkan, ada peningkatan kunjungan jika dibandingkan periode yang sama pada tahun sebelumnya. (fni/dir)

News Feed