English English Indonesian Indonesian
oleh

KBRI Promosikan Kain Tenun dan Songket di Mesir

Turut hadir pula sebagai tamu undangan para Duta Besar negara anggota ASEAN di Kairo, para pejabat di kementerian dan lembaga Mesir, akademisi, politisi, pengusaha, jurnalis, budayawan, dan sastrawan dari Mesir.

Selain itu, juga hadir pelajar Pusat Kebudayaan Indonesia (Puskin) Kairo dan perwakilan mahasiswa Indonesia di Mesir. Dubes mengungkapkan keistimewaan resepsi diplomatik tahun 2022 ini bagi bangsa Indonesia dan Mesir dari sisi bilateral maupun sisi multilateral.

Karena selain memperingati 77 tahun kemerdekaan Indonesia, tahun ini menandai peringatan 75 tahun hubungan diplomatik Indonesia-Mesir, yang diresmikan melalui penandatanganan Perjanjian Persahabatan pada tahun 1947.

Disamping itu, Indonesia dan Mesir saat ini memiliki peran multilateral yang penting. Indonesia memegang Presidensi G20 dan Mesir memegang Presidensi Konferensi Perubahan Iklim Perserikatan Bangsa-Bangsa 2022 atau yang dikenal dengan COP27. Kedua negara sedang menghadapi tantangan global akibat efek pandemi COVID-19 serta krisis pangan dan energi.

Namun demikian, Indonesia dan Mesir berupaya keras untuk mempromosikan semangat multilateralisme dan terus mendorong kerja sama global. Kemitraan dan kolaborasi antar negara adalah kunci dalam menghadapi tantangan global di hadapan kita sehingga kita dapat “Pulih Bersama, Pulih Lebih Kuat.”

“75 tahun hubungan Indonesia-Mesir adalah momentum bersejarah untuk meningkatkan peran masyarakat di kedua negara agar terus membangun kemitraan yang holistik,” ucap Dubes Lutfi dalam sambutannya.

News Feed