English English Indonesian Indonesian
oleh

KBRI Promosikan Kain Tenun dan Songket di Mesir

KAIRO, FAJAR- KBRI Kairo menyelenggarakan resepsi diplomatik dalam rangka memperingati HUT ke-77 Kemerdekaan RI dan 75 tahun hubungan diplomatik Indonesia-Mesir di Wisma Duta, Garden City, Kairo, pada 21 September 2022.

Resepsi diplomatik tahun ini merupakan kegiatan yang pertama kali diselenggarakan setelah pandemi Covid-19. Sebelum terjadi pandemi Covid-19, KBRI Kairo terakhir kali menyelenggarakan resepsi diplomatik pada tahun 2019. Pada resepsi diplomatik tahun ini, terdapat tiga kegiatan utama.

Pertama, promosi kekayaan budaya dan keragaman produk Indonesia. Para tamu undangan dapat menyaksikan berbagai jenis kain tenun dan songket nusantara sebagai salah satu simbol keberagaman dan kekayaan budaya di Indonesia.

Hal ini karena setiap kain tenun dan songket tersebut memiliki motif, filosofi, hingga warna kain yang berbeda-beda. Kedua, pameran foto yang memperlihatkan kedekatan pemimpin kedua negara, yang dipajang di sepanjang jalan taman menuju Wisma Duta.

Di antara foto tersebut adalah pertemuan Presiden Soekarno dengan Presiden Gamal Abdel Nasser di Kairo tahun 1958 dan foto pertemuan Presiden Joko Widodo dengan Presiden Abdel Fattah El-Sisi di Jakarta tahun 2015.

Ketiga, penampilan paduan suara dan musik tradisional dari mahasiswa Indonesia di Mesir dan warga Mesir yang aktif di Puskin Kairo. Dalam sambutannya, Dubes Lutfi Rauf menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada para tamu undangan yang telah berkenan hadir, khususnya Ambassador Ayman Aly Kamel, Asisten Menlu Mesir untuk urusan Asia, Australia, Selandia Baru dan Pasifik.

News Feed