English English Indonesian Indonesian
oleh

Siswa SMKN 6 Pinrang Perdalam Ilmu Jurnalistik

FAJAR, MAKASSAR -Rombongan SMK Negeri 6 Pinrang bertandang ke Kantor Redaksi Harian FAJAR Lantai 4 Gedung Graha Pena. Rombongan itu terdiri atas siswa, guru, dan pendamping memperdalam dunia Jurnalistik.

Ketua Pendamping Rombongan, Nasrul Baharuddin menjelaskan, kunjungan sekaligus silaturahmi ini bukan pertama kali terjadi, terhitung hingga sejauh ini, pihaknya telah melakukan kunjungan ke redaksi sebanyak lima kali.

“Ini sudah angkatan ke-10, dari lima kali kunjungan. Kami ucapkan terima kasih karena telah menerima kami, dan membantu memperkenalkan seperti apa dunia jurnalis kepada para siswa,” jelasnya, Rabu, 10 Agustus.

Lebih lanjut, ia mengaku melakukan kegiatan secara rutin ini sebagai bentuk agar setiap siswa tidak hanya mengetahui pembelajaran sekolah saja, melainkan ada pengetahuan baru, terkhusus dalam mengenal dunia media massa entah itu cetak, elektronik, maupun online,” tuturnya.

Menurutnya, yang menjadi fokus lain ialah siswa diharapkan dapat mengetahui bagaimana menggunakan sosial media dan menererima informasi agar tidak terjerumuh dalam penyebaran hoaks.

“Kita ke sini (Harian FAJAR) agar anak-anak juga termotivasi untuk memperbanyak literasi, sehingga dalam pengembangan teknologi, mereka bisa terarah menjadi lebih baik,” tandasnya.

Kunjungan yang terdiri dari siswa gabungan dua jurusan dari Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ) serta Akuntansi itu, juga diperkenalkan rubrik-rubrik pemberitaan Harian FAJAR. Kemudian membedah beberapa berita mulai dari pengenalan judul, isu hingga menganalisa suatu peristiwa.

Salah seorang peserta kunjungan, Rusdya Bassir, mengaku sangat senang setelah menerima informasi baru yang dihasilkan dari kedatangannya. Tak sia-sianya baginya menempuh empat jam perjalanan panjang, sebab, kini ia memiliki ketertarikan pada dunia jurnalistik.

“Tentu bertambah lagi pengetahuan baru kami, apalagi kita masih proses belajar, langsung saya rasa tertarik pelajari lebih dalam khususnya tentang penulisan,” ujar perempuan kelas XII jurusan akuntansi itu. (fni/*)

News Feed