English English Indonesian Indonesian
oleh

Pemilih di Parepare Turun Tipis

PAREPARE, FAJAR -Jumlah Daftar Pemilih Berkelanjutan (DPB) Kota Parepare kembali mengalami penurunan. Akan tetapi, penurunannya tipis, sebanyak 39 pemilih.

Total DPB periode Maret sebanyak 98.536 pemilih, dengan rincian pemilih laki-laki sebanyak 47.471 dan pemilih perempuan sebanyak 51.065 yang tersebar di empat kecamatan dan 22 kelurahan.

Jumlah ini lebih sedikit dibanding bulan Februari yang total jumlah DPB-nya mencapai 98.575 pemilih, dengan rincian pemilih perempuan sebanyak 51.092 pemilih dan pemilih laki-laki sebanyak 47.483 pemilih.

Hal itu diputuskan KPU Kota Parepare dalam rapat pleno rekapitulasi DPB periode Maret, yang berlangsung di Media Center KPU Kota Parepare, Senin, 4 April.

Ketua KPU Kota Parepare, Hasruddin Husain mengatakan, pemutakhiran data pemilih merupakan rangkaian rutin yang dilakukan KPU. Selanjutnya, dilakukan rekapitulasi setiap bulan melalui rapat pleno tertutup.

”PDPB ini merupakan implementasi dari tugas dan kewajiban KPU kabupaten/ kota untuk melakukan pemutakhiran dan memelihara data pemilih secara berkelanjutan, dengan memerhatikan data kependudukan sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku,” ujarnya.

Sementara Koordinator Divisi Perencanaan, Data dan Informasi, Mursalin Muslimin menambahkan, rekapitulasi DPB yang ditetapkan kali ini mengalami penurunan jumlah pemilih dan jumlah TPS.

Penyebabnya, jumlah pemilih bulan Maret masih ada sejumlah data baru, khususnya pemilih pemula dan pemilih baru yang masih perlu koordinasi dengan pihak terkait.

News Feed