English English Indonesian Indonesian
oleh

DPS Sulbar Tembus Satu Juta Pemilih

FAJAR, MAMUJU- Untuk pertama kalinya, Daftar Pemilih Sementara (DPS) Sulbar menyentuh angka satu juta, tepatnya 1.017.441 orang. Angka ini masih berpotensi bertambah sebelum Pemilu 2024.

Angka itu resmi ditetapkan dalam Pleno Terbuka Rekapitulasi DPS Pemilu Tahun 2024  di Aula Kantor KPU Sulbar, Kamis 13 April 2024.

Ketua KPU Provinsi Sulawesi Barat Rustang, menjelaskan, setelah DPS ditetapkan akan diumumkan untuk menunggu tanggapan masyarakat yang belum terdaftar dalam DPS atau belum tercoklit oleh petugas Pantarlih.

“Bagi yang belum terdata, dapat memberikan masukan, penyampaian kepada KPU Kabupaten, supaya nanti masuk dalam proses Daftar Pemilih Sementara Hasil Perbaikan (DPSHP),” kata Rustang

DPSHP nantinya akan ditetapkan menjadi DPT setelah dilakukan proses perbaikan. Rustang menjelaskan, DPT penting untuk menjadi dasar KPU dalam pengadaan logistik Pemilu dalam bentuk surat suara.  Di mana, jumlah surat suara sejumlah dengan DPT di TPS ditambah 25 persen.

“Jadi jangan sampai tidak masuk, tentu akan banyak bermasalah di daftar pemilih. Khusus di Sulbar, kita berharap tidak ada lagi masalah,” harapnya.

Anggota KPU Provinsi Sulawesi Barat Divisi Data dan Informasi 

Sukmawati M Sila menambahkan, masa masukan dan tanggapan masayarakat akan dilaksanakan selama 14 hari ke depan. Begitupun masa sanggah akan kembali dilakukan pada saat DPSHP setelah diumumkan.

“Dalam pleno ini, tanggapan dan masukan akan kami tampung, apabila sesuai dengan mekanisme, dan benar akan kita masukkan dalam daftar perubahan,” jelasnya.

Bagi pemilih yang ingin memastikan apakah sudah terdaftar, dapat mengakses cekdptonline.kpu.go.id. Setelah terbuka, lalu memasukkan Nomor Induk Kependudukan (NIK), pencarian data pemilih akan menampilkan nama pemilih, dan TPS memilih. (wir/*)

News Feed