English English Indonesian Indonesian
oleh

Restorasi Terumbu Karang Ciptakan Surga Bawah Laut

Rehabilitasi bermula dari program Sheba Hope Reef pada 2017 oleh Mars Pet Nutrition, perusahaan pakan hewan berbasis di Amerika Serikat yang salah satu anak perusahaannya telah beroperasi selama 25 tahun di Indonesia. Nama Sheba mereka ambil dari merek pakan untuk kucing.

Menurut Kerrita McClaughlyn, Sustainable Brand Communications Manager, Mars Pet Nutrition, restorasi di Pulau Bontosua adalah perpanjangan program mereka setelah di Pulau Badi, Kabupaten Pangkajene, dekat Pulau Bontosua, pada 2011-2015. Seluruh program rehabilitasi tersebut jadi bagian target perusahaan untuk memulihkan lebih dari 185.000 meter persegi terumbu karang di seluruh dunia pada 2029.

Sheba Hope Reef menggunakan teknologi inovatif Reef Star, berupa struktur baja yang berbentuk bintang dengan lebar 90 sentimeter (cm). Setiap struktur disatukan di bawah air agar jaring yang menutupi dasar laut menjadi lebih kuat. Struktur ini juga menjadi pondasi yang stabil bagi fragmen karang untuk tumbuh kembali.

Sampai saat ini, Kerrita menjelaskan, lebih dari 20 ribu Reef Star dengan 300 ribu karang ditanam di area seluas 40 ribu meter persegi. Setelah proses restorasi selama dua tahun, tutupan karang saat ini meningkat dari kurang 5 persen menjadi 70 persen. Hal ini berdampak pada pulihnya populasi ikan yang meningkat tiga kali lipat, dan peningkatan biomassa dua kali lipat.

“Spesies ikan karang baru telah menetap di bawah dan di atas bintang karang, hiu serta kura-kura telah kembali, menunjukkan dampak yang jauh melampaui jejak restorasi fisik,” tulis Kerrita melalui email pada Jumat 11 Februari 2022.

News Feed