English English Indonesian Indonesian
oleh

OVO dan Superbank Luncurkan OVO Nabung by Superbank: Inovasi Rek-Wallet Terintegrasi untuk Dorong Inklusi Keuangan Digital di Indonesia

Hal ini mencerminkan adanya pergeseran dalam perilaku finansial, khususnya di kalangan generasi muda, dari sistem keuangan konvensional menuju solusi digital yang lebih praktis.

Sementara itu, riset dari JakPat pada paruh kedua 2024 juga menunjukkan, 94% Gen Z di Indonesia menggunakan e-wallet, baik untuk transaksi offline maupun online, dimana 60% di antaranya bahkan menjadikannya sebagai tempat menyimpan dana, mempertegas peran e-wallet yang tidak hanya sebagai alat bayar, namun juga instrumen simpanan.

Asosiasi Sistem Pembayaran Indonesia (ASPI) melihat perkembangan berbagai instrumen pembayaran digital saat ini memberikan pilihan kepada masyarakat sesuai dengan kebutuhan setiap segmen masyarakat.

“Dengan demografi penduduk yang didominasi Gen Z, fitur-fitur yang menawarkan fleksibilitas dan kemudahan akses akan menjadi tuntutan bagi Penyedia Jasa Pembayaran untuk terus berinovasi,” kata Direktur Eksekutif ASPI, Yanti Pusparini.

Kolaborasi antara penerbit uang elektronik seperti OVO dan bank digital seperti Superbank melalui produk OVO Nabung ini kata dia diharapkan dapat membuka akses keuangan digital yang lebih luas. Karena, di sisi bank dapat menjangkau calon nasabah penabung baru dari customer based pengguna uang elektronik, yang sebelumnya masih underbanked atau unbanked.

“Diharapkan produk ini akan meningkatkan inklusi keuangan di Indonesia, dimana produk yang diluncurkan dapat mendorong lebih banyak pengguna uang elektronik unregistered untuk beralih ke registered sehingga proses Know Your Customer juga akan lebih baik,” katanya. (amr)

News Feed