“Hijab ini membawa pesan. Bahwa kita bisa hijrah, bisa berkembang, bisa bermanfaat, tanpa meninggalkan siapa diri kita sebenarnya,” tuturnya.
Kini, Zaini Hijab terus tumbuh menjadi ikon UMKM Makassar yang mengusung nilai syariah, seni lokal, dan keberlanjutan. Sebuah simbol bahwa busana bisa menjadi jembatan antara tradisi dan masa depan.
“Total UMKM binaan kami sekitar 5.000 lebih, dimulai dari tahun 2017 hingga sekarang. UMKM-nya meliputi semua kategori, tapi yang mendominasi adalah FnB. Namun, ada juga fashion, kerajinan, home decor, beauty and healthy care, serta jasa. Beberapa di antaranya bahkan sudah go internasional,” ungkap Project Leader Rumah BUMN BRI Makassar, Ayu Anisela.
BRI memiliki beberapa program untuk mendorong UMKM go internasional, salah satunya adalah BRI Brilianpreneur yang berlangsung di Tangerang.
“Para UMKM yang ingin berpartisipasi harus melalui proses kurasi dan memenuhi beberapa persyaratan. Pada tahun 2025, Zaini Hijab berhasil menjadi salah satu dari 14 UMKM yang lolos kurasi dan mewakili Makassar dalam program BRI Brilianpreneur,” tambah Ayu Anisela. (*)