FAJAR, MAKASSAR– Perpustakaan Universitas Hasanuddin (Unhas) menggelar webinar bertajuk “Sosialisasi Pemanfaatan ScienceDirect” yang diikuti lebih dari 400 peserta, terdiri dari dosen, peneliti, dan mahasiswa Unhas. Webinar ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman sivitas akademika mengenai pemanfaatan ScienceDirect (SD) sebagai sumber database ilmiah bereputasi internasional.
Dr. Fierenziana Junus, Kepala Perpustakaan Unhas, dalam pengantarnya menyampaikan bahwa sejak dua tahun berlangganan SD, jumlah publikasi akademik Unhas mengalami peningkatan signifikan. “ScienceDirect telah menjadi aset penting bagi penelitian dan publikasi dosen serta mahasiswa. Hal ini menunjukkan betapa krusialnya database kredibel dalam mendukung kualitas akademik,” ungkapnya.
Dr. Johan Jang, Strategic Engagement Manager for Elsevier Southeast Asia, hadir sebagai narasumber utama. Ia menjelaskan cara mengakses, mencari artikel, hingga mengunduh jurnal untuk menunjang kebutuhan penelitian, publikasi, dan pengajaran. ScienceDirect sendiri merupakan database global yang mencakup lebih dari 2.700 jurnal ilmiah, mayoritas berada di kategori Q1 (76%) dan Q2, dengan total 21 juta artikel dari 24 disiplin ilmu.
Sivitas akademika Unhas dapat mengakses SD dengan dua cara:
-Dalam kampus: Langsung melalui laman sciencedirect.com.
-Luar kampus: Melalui SSO Unhas dan login menggunakan email berdomain Unhas.
Dr. Johan juga memperkenalkan tiga fitur unggulan SD, yaitu:
-Compare Journals: Membantu memilih jurnal terbaik untuk publikasi.
-SD AI (Artificial Intelligence): Mempermudah pembuatan systematic review dari beberapa artikel dalam hitungan menit.
-Reading Assistant: Mengarahkan pengguna dengan referensi berkualitas, terutama dari jurnal Q1 dan Q2.
Namun, fitur SD AI dan Reading Assistant saat ini masih dalam tahap beta dan belum dirilis ke publik. Perpustakaan Unhas juga menyediakan layanan pendukung melalui fasilitas Kubantuki’, yaitu layanan helpdesk yang membantu sivitas akademika dalam memanfaatkan fasilitas perpustakaan, termasuk ScienceDirect. (*/)