English English Indonesian Indonesian
oleh

Medspin 2024 Digelar di Makassar, Siswa SMA Berebut Golden Tiket

FAJAR, MAKASSAR — Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Airlangga (Unair) Surabaya, menggelar ajang olimpiade kedokteran berstandar internasional, Medspin 2024, untuk babak preliminary di SMAN 17 Makassar, Minggu, 27 Oktober.

Sebanyak 52 siswa SMA dari berbagai wilayah antusias mengikuti Medspin yang baru pertama kali digelar di Makassar ini. Ketua Koordinator Medspin Makassar, Kuncup Harapan, menjelaskan, Medspin adalah kegiatan rutin tiap tahun yang diadakan FK Unair.

Ada beberapa lomba olimpiade yang terdapat soal mata pelajaran seperti fisika, kimia, biologi, lomba scientific paper, dan juga poster publik.

Jika peserta lolos babak preliminary, maka akan diperbolehkan untuk berkeliling atau masuk ke lab-lab di FK Unair.

“Peserta sangat antusias mengikuti kegiatan ini. Terlihat dari sebelum kegiatan dimulai, saya sempat mendatangi beberapa sekolah untuk sosialisasi dan guru-guru mereka pun semangat untuk mendaftarkan siswanya,” ujar Kuncup.

Medspin terdiri dari babak preliminary, quarter final, semi final, dan grand final yang dikemas dengan konsep yang menarik dan berbeda setiap babaknya.

Selain sebagai ajang kompetisi, lanjut Kuncup, olimpiade ini bertujuan memperkenalkan FK Unair. Serta memberikan tips masuk Unair kepada pelajar dari berbagai daerah, termasuk Makassar.

Menariknya, pemenang Lomba Medspin 2024 mendapatkan sertifikat bertaraf internasional yang memberikan kesempatan bagi para peserta untuk membuka jalan menuju jalur prestasi masuk FK Unair.

“Panitia juga mengadakan sharing and medical skills simulation kepada peserta yang mengikuti Medspin 2024 di Makassar. Harapannya, kegiatan ini bisa mengembangkan hardskills para peserta,” terang Panitia Pelaksana, Vani Julivia Kusumo.

News Feed