English English Indonesian Indonesian
oleh

Pilkada Rentan Disusupi Hoaks, Mafindo Makassar Bentengi Pelajar

HARIAN.FAJAR.CO.ID, MAKASSAR– Tular Nalar, program dari Masyarakat Anti Fitnah Indonesia (MAFINDO) yang didukung oleh google.org dan Love Frankie, kembali mengadakan Sekolah Kebangsaan (SK) di Sulsel.

Sekolah Kebangsaan kali ini dilaksanakan oleh MAFINDO Kota Makassar bekerja sama dengan Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Kota Makassar dengan menghadirkan peserta sebanyak 100 siswa berstatus pemilih pemula.

Acara ini digelar di Aula MAN 2 Kota Makassar, Kamis (24/10/2024) dengan menurunkan 10 fasilitator yang menjadi teman belajar para peserta dalam meningkatkan pemahaman mereka tentang Pemilu, demokrasi, dan pengindraan hoaks.

Turut hadir dalam acara tersebut, Sekretaris MAFINDO Makassar Fajrin Baids, Muhajir selaku PIC untuk kegiatan kali ini, dan Hasan Basri, S.Pd.I., M.Pd.I selaku Wakamad Bidang Humas mewakili Kepala MAN 2 Makassar Hj. Darmawati S.Ag., M.Pd untuk sambutan sekaligus membuka kegiatan.

Dalam sambutannya, Fajrin Baids menjelaskan, Sekolah Kebangsaan adalah pelatihan penting untuk meningkatkan ketahanan pemilih pemula dari serangan hoaks. Apalagi saat ini telah memasuki musim Pilkada 2024.

Fajrin berharap setelah pelatihan ini, para peserta bisa memiliki pemahaman yang lebih baik tentang Pemilu, demokrasi, dan pengindraan hoaks sebagai bekal untuk mencegah hoaks.

“Karena kita tahu, hoaks politik selalu menjadi salah satu hoaks paling banyak tersebar di media sosial, khususnya di momen Pemilu dan Pilkada. Hoaks politik menjadi sarana yang efektif untuk memanipulasi opini publik. Harapannya setelah pelatihan ini peserta bisa kebal hoaks melalui edukasi pengindraan hoaks,” ujarnya.

News Feed