English English Indonesian Indonesian
oleh

Jika Proyek Kereta Api di Makassar Rampung, Begini Dampak Ekonominya

FAJAR, MAKASSAR — Ekonom Unhas Prof Hamid Paddu mengatakan keberadaan kereta api di Sulsel akan mendorong pertumbuhan ekonomi lebih tinggi.

“Itu harus dilanjutkan (di Makassar) karena menjanjikan dampak yang bagus bagi masyarakat,” kata Hamid, Selasa, 15 Maret kemarin.

Ia menjelaskan, aksesibilitas yang sifatnya bervolume besar tanpa rintangan itu merupakan kunci untuk mengakselerasi pembangunan di Sulsel.

Maka proyek kereta api harus segera diselesaikan, karena itu lintas provinsi dan kabupaten. Dan ia meyakini hal itu sudah diperhitungkan jauh hari untuk kepentingan Sulsel.

“Saya kira provinsi sudah mengkalkulasi dengan baik dan feasibility studinya sudah dihitung. Saya melihatnya itu sangat dibutuhkan,” ujarnya.

Selama ini, lanjut dia, Sulsel tidak memiliki transportasi massal sehingga akselerasi ekonomi pun tidak berdampak besar seperti di Pulau Jawa. 

Tiga besar infrastruktur yang harus dimiliki Sulsel kata guru besar Fakultas Ekonomi Unhas ini, yaitu akses transportasi darat seperti tol dan kereta api, kemudian pelabuhan, serta bendungan untuk mendukung sektor pertanian. 

“Sehingga akan memicu pembangunan dan pertumbuhan Sulsel,” sebutnya. (bus)

News Feed