English English Indonesian Indonesian
oleh

100 Peserta Ikuti Sertifikasi Pembimbing Manasik Haji Angkatan X UINAM-Kemenag Sulsel

FAJAR, MAKASSAR — Fakultas Dakwah dan Komunikasi (FDK) Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar (UINAM) bersama Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kanwil Kemenag) Sulsel menggelar Sertifikasi Pembimbing Manasik Haji Angkatan X (Mandiri) Tahun 2024.

Pelatihan yang bertujuan untuk meningkatkan pelayanan kepada jemaah haji ini akan berlangsung selama tujuh hari di Asrama Haji Sudiang, Makassar, mulai 18-25 Oktober 2024.

Wakil Rektor II UIN Alauddin Makassar, Dr. Andi Aderus menyampaikan, sertifikasi pembimbing manasik haji merupakan kegiatan rutin yang dilakukan FDK bekerjasama dengan Kanwil Kemenag Sulsel. Dimana para peserta akan mengikuti pelatihan untuk mendapatkan sertifikasi sebagai pembimbing haji.

“Kita tahu bahwa para peserta sebagian besarnya adalah praktisi, mereka sebenarnya sudah punya kemampuan namun belum memiliki izin resmi. Itulah kenapa ada sertifikasi ini,” ujarnya dalam acara pembukaan Sertifikasi Pembimbing Manasik Haji Angkatan X (Mandiri) Tahun 2024, Jumat malam, 18 Oktober 2024.

Wakil Rektor Bidang Administrasi Umum dan Perencanaan Keuangan ini menyampaikan, dalam setiap pelaksanaan kegiatan sertifikasi terjadi peningkatan jumlah peserta yang cukup signifikan. Khusus untuk angkatan x, diikuti sebanyak 100 peserta.

“Kalau biasanya cuma sampai 80-an, sekarang tembus 100. Dan luar biasanya peserta ini banyak datang dari berbagai wilayah. Bukan hanya Sulsel saja, tetapi ada dari Sulbar, Sulteng, Sulut, dan Gorontalo. Bahkan ada dari luar Sulawesi, seperti Kaltim, NTT, Maluku, dan Papua,” ucapnya.

News Feed