English English Indonesian Indonesian
oleh

STIE YPUP Makassar Perkuat UMKM Sektor Konveksi dan Percetakan di Romang Polong Gowa

FAJAR, MAKASSAR– Dosen dan mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) YPUP Makassar melaksanakan program pengabdian kepada masyarakat. Lokasinya di percetakan dan konveksi Ayo Clothing, yang berlokasi di Romang Polong, Kabupaten Gowa.

Ketua tim pelaksana kegiatan Muh Ihsan HM Baso mengatakan, kegiatan yang dilaksanakan dari September-Oktober 2024 ini merupakan program pengabdian kepada masyarakat dengan skema pengabdian masyarakat pemula. Dengan anggota Daryanti dan Abdul Sumarlin sebagai pengusul, serta dua orang dari unsur mahasiswa STIE YPUP Makassar.

Muh Ihsan menyebut, program ini berhasil menarik perhatian dengan menghadirkan inovasi teknologi dan literasi digital untuk meningkatkan pengelolaan dari aspek manajemen keuangan. Dan sumber daya manusia yang selama ini menjadi weakness (kelemahan) mitra dalam menjalankan bisnisnya.

Tidak hanya sekedar inisiatif lokal, program ini mendapat dukungan penuh dari Direktorat Riset, Teknologi, dan Pengabdian kepada Masyarakat, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Riset dan Teknologi. Juga, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi dengan memberikan pendanaan serta dorongan untuk tercapainya solusi yang lebih efektif dan suistainable bagi UMKM Ayo Clothing.

UMKM Ayo Clothing memproduksi aneka barang cetakan, produksi konveksi pakean seragam, PDH, kaos dan jenis serta aneka cetakan lainnya.

Meski UMKM telah berdiri hampir 10 tahun, masalah utama yang dihadapi UMKM Ayo Clothing adalah Keterbatasan kemampuan UMKM dalam mengelola keuangan.

News Feed