English English Indonesian Indonesian
oleh

FIKP Unhas Rangsang Mahasiswa Berkompetisi Lewat PKM

FAJAR, MAKASSAR- Fakultas Ilmu Kelautan dan Perikanan (FIKP) Unhas menyelenggarakan sosialisasi penulisan proposal “Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) tahun 2022” untuk merangsang kreativitas mahasiswa dan mendorong mereka berkompetisi.

Dekan FIKP Unhas Safruddin, S.Pi, MP, Ph.D., mengatakan, pandemi Covid-19 bukan penghambat ajang kreativitas mahasiswa, yang diharapkan mampu berkontribusi terhadap permasalahan sosial dan ekonomi masyarakat.  PKM merupakan salah satu kegiatan yang bermanfaat bagi mahasiswa untuk latihan menuangkan gagasan dan ide, mengemukakan pendapat, dan kerja sama tim. 

“Kami berharap mahasiswa dapat berkontribusi dan proporsinya tahun ini bertambah. Agar mahasiswa juga dapat menghasilkan karya kreatif yang bermanfaat bagi masyarakat. Kualitas penulisan proposal juga semakin baik agar peluang lolos semakin terbuka lebar,” jelas Safruddin.

Ketua Tim Pokja PKM Unhas Dr. Suhasman yang membawakan materi, menjelaskan mengenai berbagai macam kegiatan PKM yang dapat dikuti oleh mahasiswa.  Misalnya saja, PKM Riset yang harus mengungkapkan fakta atau fenomena melalui pendekatan ilmiah, baik eksakta, sosial maupun humaniora. FIKP sendiri memiliki banyak ide yang bisa dibuatkan proposal PKM.

“Nantinya, riset tersebut menghasilkan tiga luaran, yakni laporan kemajuan, laporan akhir, dan artikel ilmiah,” jelas Suharman.

  Salah seorang mahasiswa yang pernah ikut PKM, Nursyamsyi menjelaskan kepada para peserta strategi memenangkan PKM. Mulai dari langkah-langkah dalam menyusun proposal PKM, hingga strategi agar memperoleh pendanaan. Dirinya mengingatkan kepada peserta bahwa persyaratan administrasi menjadi satu hal yang harus diperhatikan. 

News Feed