English English Indonesian Indonesian
oleh

Simpang Tiga Middle Ring Road Beroperasi, Urai Titik Kemacetan

FAJAR, MAKASSAR — Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) Kelas II Sulawesi Selatan bekerja sama dengan Pemerintah Kota Makassar meresmikan Simpang Tiga Middle Ring Road (MRR), Rabu, 18 September.

Wali Kota Makassar Ir Moh Ramdhan Pomanto hadir langsung meresmikan bukaan median jalan di Jl Dr Leimena menuju Jl Perintis Kemerdekaan tersebut. Kepala BPTD Kelas II Sulsel Bahar, ST, MT, turut mendampingi.

Bahar mengatakan, bahwa Simpang Tiga MRR ini bertujuan untuk mengurai kemacetan di Makassar. Diketahui, ruas jalan tersebut sebelum dibuka banyak pengendara motor yang melawan arus. Selain itu, turut terjadi kemacetan, dan jauhnya titik U-turn atau putaran.

“Ini bentuk perhatian kita, khususnya pada pengguna transportasi jalan,” ujar Bahar, usai meresmikan Simpang Tiga MRR.

Lanjut Bahar, manajemen lalu lintas di Makassar perlu ditata dengan baik. Bekerja sama dengan Dinas Perhubungan Provinsi Sulsel, Dinas Perhubungan Kota Makassar, pihak kepolisian (Polsek, Polrestabes, dan Polda), serta stakeholder terkait perhubungan darat.

“Ini kerja guyub kita bersama, dengan stakeholder, baik dishub kota, provinsi, dan kepolisian,” tutur Bahar.

Selain operasional Simpang Tiga MRR, juga diperadakan traffic light di tiga titik arus lalu lintas di sana. BPTD juga menyerahkan empat titik Area Traffic Control System (ATCS) kepada Pemkot Makassar. Yakni di Simpang Empat BTP, Simpang Tiga Unhas, Simpang Tiga Tello, dan Simpang Empat Alauddin-Mallengkeri.

“Kita bersama berkolaborasi demi keselamatan dan kenyamanan transportasi untuk masyarakat Makassar,” pungkas Bahar. (uca)

News Feed