English English Indonesian Indonesian
oleh

UMI-Unibos Dorong Wisata Hijau dari Desa Wisata Balleangin Pangkep

HARIAN.FAJAR.CO.ID, PANGKEP-Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Pajokka Balocci berhasil mendorong Desa Wisata Balleangin Kecamatan Balocci Kabupaten Pangkep sebagai 50 desa wisata terbaik di Indonesia pada gelaran Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) yang diadakan oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekref) pada tahun 2024. Capaian  ini merupakan langkah besar dalam kemajuan potensi wisata di Desa Wisata Balleangin.

Dilansir pada laman Jejaring Desa Wisata yang dikelola oleh Kemenparekraf, Desa Wisata Balleangin menawarkan atraksi wisata yang berpotensi menarik wisatawan dari berbagai daerah bahkan dari mancanegara seperti penelusuran lukisan purba, menikmati wisata nuansa Korea yang dikemas oleh warga desa, petualangan river tubing yang menyusuri sungai Batange sepanjang 1 hingga 2 km, petualangan menyisir medan desa dengan mengendarai kendaraan roda 4 atau atraksi ATV, menikmati keindahan air terjun, serta pengenalan budaya lokal di Desa Wisata Balleangin melalui interaksi dengan warga sekitar.  

Sebagai upaya mendukung kemajuan wisata berbasis masyarakat, Universitas Muslim Indonesia (UMI) berkolaborasi  Universitas Bosowa (UNIBOS) mendorong wisata hijau melalui kegiatan pelatihan pengelolaan sampah dan pemasaran hijau untuk penerapan mitigasi risiko di  Desa Wisata Balleangin. Penerapan mitigasi risiko di tempat wisata merupakan kebutuhan destinasi untuk mencegah masyarakat desa maupun wisatawan menjadi kelompok yang terdampak akibat aktivitas wisata seperti risiko kecelakaan dan risiko kesehatan lainnya.

News Feed