English English Indonesian Indonesian
oleh

Preview Türki vs Portugal: Kutukan Ronaldo

FAJAR, DORTMUND—Portugal akan menghadapi Turki dalam laga yang diprediksi menjadi pertarungan juara Grup F, malam nanti. Sorotan akan tertuju pada Cristiano Ronaldo yang belum pernah menjebol gawang Turki.

Sebelum laga di BVB Stadion Dortmund ini, Ronaldo yang saat ini menjadi top skor internasional dengan 130 gol sudah menghadapi Turki tiga kali.

Pertemuan pertama terjadi di Piala Eropa 2008  yang berlangsung di Jenewa Swiss. Saat itu, Portugal menang 2-0, namun Ronaldo yang tampil penuh tak mampu menaklukkan kiper Turki, Volkan Demirel. Pada laga itu, upaya CR7 hanya mampu menghajar tiang gawang di babak pertama.

Empat tahun kemudian, dalam persiapan menuju EURO 2012, daya ledak Ronaldo kembali diredam Turki di Estadio da Luz yang penuh sesak penonton. Ronaldo dan kawan-kawan kalah 1-3.

Di pertandingan itu, Ronaldo yang sudah mengoyak gawang 47 negara sepanjang kariernya kembali melewatkan peluang menggetarkan jalan gawang Turki. Tendangan penaltinya di laga itu digagalkan Volkan Demirel..

Sementara pada pertemuan terakhir semifinal playoff Piala Dunia 2022 di Estádio do Dragão, Ronaldo berhasil dijinakkan penjaga gawang Turki, Ugurcan Cakir. Kemenangan 3-1 Portugal di laga itu ditentukan oleh gol-gol Otavio, Diogo Jota, dan Matheus Nunes.

Malam nanti, kesempatan bagi Ronaldo untuk menguji ketajamanan menghadapi Turki kembali datang. Dan setelah melewatkan setidaknya dua peluang emas di laga kontra Republik Ceko yang mereka menangi dengan skor tipis 2-1, kapten Portugal itu jelas berharap keberuntungan kali ini ada di pihaknya.

News Feed