English English Indonesian Indonesian
oleh

Kemenag Tunda Bentuk PTNBH

Selain itu Yaqut mengusulkan supaya UIN Jakarta membangun asrama mahasiswa dan hotel.

Kedua fasilitas tersebut dapat menghasilkan pundi-pundi keuangan untuk kampus. Dia menjamin ketika UIN Jakarta memiliki hotel, Kemenag pusat akan membantu supaya kondisinya sehat terus.

’’Pak Rektor segera siapkan sebelum Oktober,’’ katanya di depan Rektor UIN Jakarta Asep Saepudin Jahar.
Seperti diketahui Oktober tahun ini adalah batas akhir pemerintahan saat ini. Yaqut berharap ketika rancangan program pembangunan itu sudah ditetapkan, bisa tinggal dilanjutkan tahun berikutnya.

Pada kunjungannya itu, Menag disambut dengan aksi damai sejumlah mahasiswa. Mereka membentangkan sejumlah tulisan yang mengkritik kenaikan UKT. ’’Pada prinsipnya UKT itu tidak boleh memberatkan mahasiswa,’’ kata Yaqut.

Sementara itu Rektor UIN Jakarta Asep saepudin Jahar menyampaikan, ada beberapa agenda pengembangan kampus yang masuk buku catatannya. ’’Supaya tidak mengandalkan UKT,’’ tuturnya.

Proyek pengembangan itu meliputi hotel, pemondokan atau asrama, serta fasilitas atau gedung-gedung lainnya. Saat ini ada sejumlah gedung milik UIN Jakarta yang disewakan ke pihak lain.

Selain itu Asep juga menggagas adanya penggalangan dana atau fundraising. Khususnya di kalangan alumni UIN Jakarta. Dengan penggalangan dana tersebut, nanti akan dimasukkan dalam endowment fund atau dana abadi. Hasil pengelolaan dana abadi tersebut diantaranya digunakan untuk beasiswa.

Ketua Umum Ikaluin Jakarta TB Ace Hasan Syadzily juga merespons soal polemik UKT. Sebagai alumni, Ace mengatakan cara mereka menyikapi kenaikan UKT bukan dalam aksi demonstrasi. Tetapi mengajak alumni-alumni lain untuk mencari jalan keluar bersama. Sehingga mahasiswa yang kesulitan membayar UKT bisa terbantu. (wan/jpg/zuk)

News Feed