English English Indonesian Indonesian
oleh

Turun Pemantauan Pascabanjir, Andi Iwan Aras: Upaya Pemulihan Infrastruktur demi Masyarakat Wajo

FAJAR, SENGKANG — Merespons dampak bencana banjir di Kabupaten Wajo pada awal Mei 2024. Komisi V DPR RI turun meninjau langsung upaya pemulihan infrastruktur.

Kegiatan peninjauan langsung Wakil Komisi V DPR RI Andi Iwan Darmawan bersama anggota komisi, Harvey B Malaihollo, Rabu, 22 Mei 2024

Andi Iwan sapaannya menyampaikan dukacita mendalam atas bencana banjir yang terjadi di Wajo, Karena Wajo memberinya kontribusi suara terbanyak pada pemilihan legislatif beberapa waktu lalu.

“Kita akan berupaya optimal dalam rehabilitasi infrastruktur terdampak bencana melalui dukungan anggaran pemerintah pusat pada anggaran perubahan 2024 dan anggaran tahun 2025,” ujarnya.

Kunjungan kerja diakhiri dengan peninjauan lokasi terdampak bencana banjir di Desa Ujungpero Kecamtan Sabbangparu yang diakibatkan oleh runtuhnya tanggul dari Sungai Walanae.

Pj. Bupati Wajo, Andi Bataralifu, mengucapkan terimakasih dari masyarakat Kabupaten Wajo atas kepedulian dan dukungan dari Komisi V DPR RI beserta mitra kerja.

Dilaporkan bencana banjir yang disebabkan oleh intensitas curah hujan yang tinggi pada 29 April dan meluas pada 3 Mei berdampak pada 14.625 Kepala Keluarga dan 40.689 Jiwa.

Dampaknya juga dirasakan pada Rumah, Sekolah, Sarana Ibadah, Sarana Kesehatan, Areal Persawahan dan Perkebunan yang terendam air serta kerusakan infrastruktur seperti Ruas Jalan, Jembatan, Duiker, Tanggul/Talud, Drainase dan Jaringan Irigasi.

Terkait situasi bencana banjir tersebut, maka Pemprov Sulsel dan Pemda Wajo telah menerbitkan Surat Keputusan tentang Status Tanggap Darurat.

News Feed