English English Indonesian Indonesian
oleh

Pemimpin Perusahaan Digenjot Lebih Produktivitas dalam Operasional Perusahaan

MAKASSAR, FAJAR — Para pemimpin perusahaan di Indonesia, khususnya kawasan timur Indonesia, kembali mendapat wadah diskusi mengenai pentingnya memperkuat ketahanan bisnis di tengah gejolak ekonomi global.

Ini digelar bagi para pemimpin perusahaan, pembuat kebijakan, serta pemangku kepentingan dari berbagai industri.

Diinisiasi oleh Grab Indonesia dalam Grab Business Forum yang tahun ini mengusung tema “Resilient Business Forward: Paving The Way to The Bolder Future” digelar secara hybrid, Kamis, 16 Mei 2024.

Wakil Menteri Keuangan Republik Indonesia, Suahasil Nazara, mengatakan, di tengah ketidakpastian ekonomi dan politik global, Indonesia berhasil membukukan pertumbuhan ekonomi tinggi.

Tak hanya itu, Indonesia juga mampu menurunkan tingkat pengangguran yang bahkan mencapai level sebelum pandemi. Dengan pencapaian yang baik ini, pemerintah optimistis pertumbuhan ekonomi pada 2024 mampu mencapai 5,2 persen.

“Konsumsi rumah tangga menopang sekitar 55 persen terhadap Produk Domestik Bruto (PDB). Dengan membuka aplikasi Grab saja, ini sudah berkontribusi untuk meningkatkan permintaan rumah tangga,” ucapnya.

Suahasil mengapresiasi peran besar Grab terhadap perkembangan gig economy yang telah menciptakan ruang ekonomi baru melalui digitalisasi.

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) pada kuartal 1 2024, Indonesia mengalami pertumbuhan ekonomi sebesar 5,11 persen (yoy), meningkat dibandingkan dengan periode yang sama sebelumnya sebesar 5,04 persen (yoy).

Pertumbuhan ini merupakan yang tertinggi sejak tahun 2015. Hal ini menjadi indikator bahwa di tengah tantangan global, Indonesia tetap memiliki fundamental ekonomi yang kuat karena permintaan domestik yang tinggi.

News Feed