English English Indonesian Indonesian
oleh

UMI Seleksi Camaba Berdasarkan Nilai UTBK

FAJAR, MAKASSAR- Universitas Muslim Indonesia (UMI) Makassar menyiapkan 6.500 kuota untuk mahasiswa baru tahun ini. Itu tersebar di seluruh fakultas yang ada di kampus hijau tersebut. Pendaftaran dibuka hingga 14 Agustus 2024. Kecuali Fakultas Kedokteran, kedokteran Gigi dan Farmasi yang dibuka hingga 6 Juli 2024.

Ketua Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) UMI 2024, Ir Hanafi Ashad mengatakan sejauh ini, sudah ada 4.000 yang mengambil formulir. Namun, baru 50 persen yang mengembalikan formulir.

Untuk pendaftaran tahun ini bebas tes, calon mahasiswa baru diseleksi berdasarkan nilai Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) atau nilai rapor semester V dari sekolah. Rata-rata diatas 65 kecuali fakultas kedokteran.

Selain itu, UMI juga menekankan jika biaya BPP tahun ini tidak sama. Nilainya masih tetap sama seperti tahun lalu. “Tidak ada kenaikan, hal ini memang sudah dijalankan sejak tahun lalu,” tambah Rektor UMI Makassar Prof Sufirman.(wis)

*Bertabur Beasiswa
UMI juga menyiapkan ragam beasiswa kepada setiap mahasiswa baru setiap tahunnya. Mulai dari beasiswa KIP, beasiswa Pemkab serta beasiswa Online Scholarship Competition (OSC).

Lalu, ada juga beasiswa khusus bagi hafidz quran dan dari Yayasan Wakaf UMI. Wakil Rektor V UMI Makassar, Prof Hattah Fattah mengatakan tahun ini ragam beasiswa juga digelontorkan UMI untuk maba. Beasiswa ini konsisten diberikan.

Namun, yang terbaru tahun ini ada beasiswa Majelis Taklim UMI, diperuntukkan untuk dua orang penerima. Lalu ada beasiswa khusus untuk FK, kuotanya 1 orang yang akan dibiayai hingga tamat. Tetapi syaratnya harus menghafal 30 jus Al-qur’an.

News Feed