English English Indonesian Indonesian
oleh

Demo Mahasiswa Penentang Perang Gaza Meluas di Amerika, Bentrok dengan Polisi Terjadi di Universitas Texas

Di sebelah utara University of Southern California, mahasiswa di California State Polytechnic University, Humboldt, dibarikade di dalam gedung untuk hari ketiga, dan sekolah tersebut menutup kampus selama akhir pekan dan menjadikan kelas-kelas virtual.

Universitas Harvard di Massachussetts berupaya untuk tetap terdepan dalam menghadapi protes minggu ini dengan membatasi akses ke Harvard Yard dan mewajibkan izin untuk mendirikan tenda dan meja.

Namun, hal ini tidak menghentikan para pengunjuk rasa untuk mendirikan kamp dengan 14 tenda pada hari Rabu menyusul unjuk rasa menentang penangguhan Komite Solidaritas Sarjana Palestina Harvard di universitas tersebut.

Para mahasiswa yang memprotes perang Israel-Hamas menuntut kampus-kampus memutus hubungan keuangan dengan Israel dan melakukan divestasi dari perusahaan-perusahaan yang memicu konflik selama berbulan-bulan.

Beberapa mahasiswa Yahudi mengatakan protes tersebut telah berubah menjadi antisemitisme dan membuat mereka takut untuk menginjakkan kaki di kampus, sehingga hal ini juga mendorong tindakan yang lebih keras dari universitas.

Di Universitas New York minggu ini, polisi mengatakan 133 pengunjuk rasa ditahan, sementara lebih dari 40 pengunjuk rasa ditangkap hari Senin di sebuah perkemahan di Universitas Yale. Sebelumnya, penangkapan pertama terjadi di Universitas Columbia di mana seratus lebih mahasiswa diamankan. (amr)

News Feed