English English Indonesian Indonesian
oleh

KUR Tekan Angka Kemiskinan, Bantu UMKM Naik Kelas

Menurut Sutardjo, perbankan memiliki peran penting dalam kemajuan ekonomi suatu daerah. Apabila perbankan tidak melakukan pemerataan dalam penyaluran kredit maka dapat menghambat bahkan mematikan perekonomian di suatu daerah dan tidak menunjang dalam program pemerintah daerah untuk mengurangi jumlah orang miskin di daerah.

“Bank sebaiknya melakukan pemerataan dalam penyaluran kredit utamanya pada daerah-daerah yang masih tinggi jumlah masyarakat miskinnya dalam bentuk kredit mikro dan super mikro. Perbankan harus memperhatikan bagaimana penyaluran kredit dapat menggerakkan ekonomi suatu daerah, bukan hanya memperhatikan keuntungan semata,” tuturnya.

Selain menekan angka kemiskinan, KUR juga dapat meningkatkan penghasilan UMKM, bahkan membuat UMKM naik kelas.

Bank BRI Makassar sukses menyalurkan kredit usaha rakyat (KUR) pada 2023 lalu. Dengan total Rp17,586 triliun yang meliputi wilayah Sulsel, Sulbar, Sultra, dan Maluku.

Regional CEO BRI Makassar, Hendra Winata memaparkan, bahwa tujuan dilaksanakannya program KUR antara lain adalah untuk meningkatkan dan memperluas akses pembiayaan usaha produktif, meningkatkan kapasitas UMKM, serta mendorong pertumbuhan ekonomi dan penyerapan tenaga kerja.

Lebih lanjut, Hendra menyampaikan bahwa penyaluran KUR BRI Kanwil Makassar periode Januari hingga Desember 2023 telah mencapai Rp17,586 triliun yang disalurkan dominan di sektor perdagangan dan pertanian.

Kepala Kanwil DJPb Sulsel, Supendi mengungkapkan, Bank BRI berhasil menyalurkan Rp12.740,85 miliar KUR di wilayah Sulsel. Capaian tersebut membuat Bank BRI menjadi perbankan yang paling banyak menyalurkan KUR pada periode Januari hingga Desember 2023.

News Feed